Saat Halte Depan PN Jaktim 'Disulap' Jadi Tempat Swab Antigen Gratis

| 26 Mar 2021 14:03
Saat Halte Depan PN Jaktim 'Disulap' Jadi Tempat Swab Antigen Gratis
Swab Antigen di depan PN Jaktim (Leni/era.id)

ERA.id - Petugas kepolisan yang berjaga mengamankan sidang terdakwa Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, menyediakan pos tes usap antigen bagi pengunjung guna mengantisipasi penyebaran COVID-19.

Pantauan ERA.id di lokasi, Jumat (26/3/2021) terdapat beberapa titik pos tes usap antigen, yaitu di lingkungan PN Jakarta Timur dan di luar gedung pengadilan tepatnya di halte.

"Jadi misalnya nanti ada massa yang diamankan terus diminta tes swab, kalau dia positif langsung dibawa ke Wisma Atlet Kemayoran," kata salah satu Petugas Tim Pusdokkes Polri Dr. Fajar di depan PN Jakarta Timur, Jumat (26/3/2021).

Sementara itu, situasi di depan gedung Pengadilan Negeri Jakarta Timur terpantau kondusif, meski puluhan massa simpatisan Rizieq Shihab mulai berdatangan.

Petugas kepolisian melalui pengeras suara tak henti-hentinya mengimbau kepada para simpatisan dan anggota yang bertugas untuk tetap menjaga protokol kesehatan menggunakan masker dan tidak berkerumun.

Pengamanan di depan Pengadilan Negeri Jakarta Timur juga diperketat dengan barikade yang dilakukan oleh petugas kepolisian guna mencegah massa yang berusaha memasuki gedung pengadilan.

Pengadilan Negeri Jakarta Timur menggelar sidang lanjutan dengan menghadirkan langsung terdakwa Rizieq Shihab ke persidangan beragendakan pembacaan eksepsi untuk perkara Nomor 221 terkait kasus kerumunan massa di Petamburan Jakarta Pusat dan perkara Nomor 226 terkait kerumunan di Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

Keputusan menghadirkan langsung terdakwa Rizieq Shihab di persidangan berdasarkan pertimbangan Ketua Majelis Hakim Suparman Nyompa yang mengabulkan permohonan tim kuasa hukum terdakwa.

Meski sidang digelar secara langsung, Pengadilan Negeri Jakarta Timur juga tetap memberlakukan protokol kesehatan ketat seperti membatasi orang di ruang sidang, dan tes usap antigen bagi mereka yang memasuki ruang persidangan.

Rekomendasi