Sosok Kim Peek, Cendekiawan yang Memiliki Split Brain, Punya IQ Cuma 87

| 27 Apr 2021 21:51
Sosok Kim Peek, Cendekiawan yang Memiliki Split Brain, Punya IQ Cuma 87
Kim Peek (New York Times

ERA.id - Jika kamu pernah menonton Rain Man (1988) kamu pasti sudah tidak asing dengan karakter bernama Raymond Babbitt yang diperankan oleh Dustin Hoffman. Ia digambarkan sebagai orang yang berada di antara disabilitas dan kejeniusan.

Faktanya orang dengan kejeniusan tersebut sungguh nyata. Bernama Kim Peek, ia lahir di Salt Lake City pada tahun 1951 dengan penyakit makrosefali, yaitu suatu kondisi yang menyebabkan kepalanya menjadi besar secara tidak normal.

Ketika dokter memeriksanya lebih dalam, mereka juga menemukan dia mengalami kerusakan pada otak kecilnya, dan ikatan saraf yang biasanya menghubungkan dua belahan otak telah hilang. Ia juga didiagnosis Autisme oleh sang dokter.

Dengan kepala besar yang tidak normal dan menunjukkan kesulitan perkembangan sejak usia sangat dini. Dia tidak bisa berjalan sampai usia empat tahun, dan bahkan dengan gaya berjalan yang aneh. Dia  mengalami banyak kesulitan dengan keterampilan motorik. Saat mendaftar di sekolah, dia dikeluarkan setelah satu hari karena mengganggu kelas.

Ketika Peek berusia sembilan bulan, dokter memberi tahu orang tuanya bahwa dia tidak akan pernah bisa berjalan atau berbicara dan merekomendasikan dia tinggal di sebuah institusi. Mendengar hal tersebut orang tua Kim menolaknya.

Menginjak usia lebih dari satu tahun, dia mulai menghafal seluruh buku yang dibacakan orang tuanya setelah hanya mendengarnya sekali.

Yang lebih menakjubkan lagi, setelah dia mendengar sebuah cerita, dia meletakkan buku itu secara terbalik di raknya untuk menunjukkan bahwa dia mengetahuinya dengan sepenuh hati, dan untuk memastikan tidak ada yang akan mencoba membacakannya lagi untuknya.

Menempatkan buku secara terbalik setelah dia menyelesaikannya adalah sesuatu yang terus dilakukan Peek sepanjang hidupnya.

Sepanjang hidupnya, Kim membaca dan membaca. Buku apa pun itu. Kecepatan membacanya juga mengagumkan. Jika kamu butuh waktu sekitar 3 menit membaca satu halaman, Peek cuma butuh waktu 10 detik! Yang mencengangkan, dia mampu membaca halaman buku sebelah kiri dengan mata sebelah kirinya, dan halaman sebelah kanan dengan mata kanannya. Tak sekadar membaca, dia bisa mengingat 98 persen apa yang dibacanya.

Saat berusia 18 tahun, meski tidak bersekolah, Peek sudah bekerja sebagai penggajian untuk sebuah perusahaan dengan 160 karyawan. Dia hanya butuh beberapa jam seminggu, dan dia melakukan semua perhitungan yang diperlukan di kepalanya. Meskipun prestasinya luar biasa, IQ Peek hanya 87.

Selain kemampuan membaca yang luar biasa, Peek juga mampu menghitung rute terbaik aat perjalanan. Saat ini mungkin kita mengandalkan Google Maps, namun sebelum Google Maps bisa melakukannya, Kim bisa.

Di antara bahan bacaan lainnya di perpustakaan, ia menyerap peta, atlas, dan panduan perjalanan. Menggunakan kombinasi daya ingatnya yang hampir sempurna dan kemampuan menghitung matematisnya yang luar biasa, Kim dapat menghitung rute terbaik di kepalanya dalam sekejap, bertahun-tahun sebelum ada yang berpikir untuk menggunakan komputer.

Kim Peek meninggal dunia pada tahun 2009 karena serangan jantung, tetapi prestasinya tidak akan segera dilupakan, berkat Rain Man.

Peek juga tidak pernah melupakan perannya sendiri sebagai inspirasi untuk film tersebut  hingga hari kematiannya, salah satu harta paling berharga, yang dia bawa ke mana pun dia bepergian, adalah statuta Oscar emas yang diberikan kepadanya oleh penulis skenario yang memenangkannya untuk  menulis film.

Tags : kim peek jenius
Rekomendasi