Muncul Lagi Aksi Warga Tolak Pemudik Tanpa Tes Swab Test Antigen

| 18 May 2021 08:47
Muncul Lagi Aksi Warga Tolak Pemudik Tanpa Tes Swab Test Antigen
Spanduk Warga Tolak Pemudik (Diman Sutini/era.id)

ERA.id - Sejumlah wilayah di Kota Bogor sudah mulai memasang spanduk kewajiban pemudik membawa hasil swab test PCR. Salah satunya dilakukan RW 16, Kelurahan Cimahpar, Kecamatan Bogor Utara.

“Kami mematuhi peraturan pemerintah pusat dan daerah untuk melaksanakan di wilayah terbawah. Karena di wilayah kami banyak perumahan dan saya membawahi 10 RT, di mana sangat riskan wargan melakukan pulang kampung saat lebaran kemarin,” kata Ketua RW sekaligus Ketua Covid RW 16, Aep Rahmat.

Untuk itu, pihaknya memasang spanduk ini sekaligus melakukan pemantauan khawatir ada warga yang benar-benar pulang kampung ke wilayahnya setelah melakukan mudik lebaran.

“Jadi kami harus memantau terus wilayah. Takut-takut juga ada warga lain yang pengen bertamu ke rumah saudaranya disini dan itu kita wajibkan harus punya hasil test PCR,” ujarnya, Selasa (19/5/2021).

Aep Rahmat (Diman Sutini/era.id)

Sementara itu, Lurah Cimahpar, Ronny Kunaefi pun mengapresiasi langkah dari lingkungan RW tersebut. Menurutnya, hal itu memang cukup tepat untuk menekan angka penyebaran Covid-19 selama masa mudik dan lebaran.

“Dengan adanya spanduk imbauan ini, itu bisa meminimalisir. Bahkan, warga yang ada di dalam juga tidak ada laporan yang melakukan mudik,” tegasnya.

Ia menambahkan, wilayah lain seperti RW 13 dan RW 14 juga melakukan imbauan yang sama, dengan membentangkan spanduk penolakan.

"Penolakan itu bakal dilakukan hingga masa larangan dari pemerintah berakhir. Pihaknya tak ingin mengambil risiko menyebarnya kembali wabah pandemi di lingkungan Cimahpar," pungkasnya.

Rekomendasi