Bersama Anak-Anak Kampung Akuarium yang Pernah Tergusur, Anies: Inilah Pemilik Masa Depan

| 18 Aug 2021 11:04
Bersama Anak-Anak Kampung Akuarium yang Pernah Tergusur, Anies: Inilah Pemilik Masa Depan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria bersama anak-anak penghuni Kampung Akuarium, Selasa (17/8/2021).

ERA.id - Selasa, 17 Agustus 2021, di Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertemu anak-anak penghuni Kampung Akuarium. Mereka berusia muda, mungkin usia SD, satu dua setara SMP.

"Inilah wajah anak-anak pemilik masa depan," kata Anies di lokasi Kampung Susun Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara.

Dalam kenangan anak-anak itu, kata Anies, mungkin tersimpan memori ketika mereka harus tinggal di tenda sementara, karena rumah yang digusur. Ada masa mereka harus tinggal di rumah selter sementara.

Memori kelam itu kelak akan berganti dengan masa ketika anak-anak itu tinggal di Kampung Susun Akuarium berwajah baru, bersama keluarganya.

Mereka punya pengalaman masa kecil yang mencerminkan perjuangan dan amanat penderitaan masyarakat di Kampung Akuarium.

Maka, Pemerintah DKI Jakarta ingin masa depan anak-anak ini berubah.

"Mereka harus bersekolah dengan baik, sehingga nanti bisa memiliki masa depan yang jauh lebih tinggi daripada mimpi yang mereka miliki sekarang," ujar Anies.

Setelah itu, Anies mengaku anak tersebut nantinya bisa menopang masa tua orang tua mereka. Saat nanti, orang tuanya akan bahagia, ditopang oleh anak-anak yang terdidik.

"Pastikan, bapak-ibu yang ada di sini, didik anak-anak ini dengan baik. Tinggikan mimpi mereka. Katakan kepada mereka, mimpi yang tinggi. Anda tinggal di Jakarta, pemerintah memfasilitasi. Kerja keras seperti orang tuanya bekerja keras. Lalu lampaui mimpi itu."

"Karena sesungguhnya bangunan baru Kampung Akuarium bukan bangunan bagi bapak-ibunya saja, ini adalah bangunan untuk anak-anak agar memiliki masa depan lebih baik. Mereka lah pemilik masa depan di tempat ini."

Maka dari itu, Anies berharap orang tua di Kampung Akuarium mesti mempersiapkan pendidikan anaknya dengan baik.

"Kedua, pastikan semua anak di sini terdidik tuntas. Mereka memiliki kemampuan untuk melampaui mimpi-mimpinya. Kalau itu dilakukan, insya Allah Kampung Akuarium menjadi Kampung Percontohan bagaimana bangkit dari suasana yang amat sulit," tandas Anies.

Rekomendasi