Aksi Demonstrasi Dukung PDIP dan PSI Interpelasi Formula E Anies Dibubarkan Polisi

| 06 Sep 2021 16:30
Aksi Demonstrasi Dukung PDIP dan PSI Interpelasi Formula E Anies Dibubarkan Polisi
Aksi Demo di depan DPRD (Diah Ayu/era.id)

ERA.id - Sejumlah massa yang mengatasnamakan Forum Masyarakat untuk Keadilan (Formula) dan Gerakan Rakyat Peduli Bangsa menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung DPRD DKI.

Mereka menyuarakan dukungannya atas interpelasi Formula E oleh Fraksi PDI Perjuangan dan PSI di DPRD DKI Jakarta.

Aksi ini dimulai sekitar pukul 12.30 WIB. Namun, belum lama aksi digelar, polisi meminta massa aksi untuk membubarkan diri.

"Matikan saja bu (orasinya). Ini kerumunan. Tidak boleh (menggelar aksi), tidak ada izin," kata seorang anggota kepolisian di lokasi, Senin (6/9/2021).

Peserta aksi awalnya tak menghiraukan instruksi aparat. Mereka ingin tetap meneruskan orasi untuk menyuarakan dukungannya terhadap hak interpelasi DPRD mengenai Formula E. Adu mulut pun terjadi.

Karena tak kunjung membubarkan diri, aparat hendak mengamankan salah satu massa aksi ke dalam mobil tahanan.

Akhirnya, aparat tak jadi mengamankan salah satu peserta aksi karena peserta membubarkan diri. Aksi setuju dibubarkan lantaran sudah ada perwakilan massa yang masuk ke gedung DPRD DKI untuk melakukan audiensi.

Diketahui, dua fraksi yakni PDIP dan PSI di DPRD mengusulkan hak interpelasi Formula E. Sehingga, hanya 33 anggota DRPD dari PDIP dan PSI yang melayangkan usulan tersebut.

DPRD masih akan menggelar rapat paripurna sebagai penentuan interpelasi bisa digelar. Agar interpelasi bisa terwujud, anggota DPRD yang hadir dalam rapat paripurna tersebut harus memenuhi kuorum 50 persen + 1 atau sebanyak 54 anggota DPRD.

Rekomendasi