LaporCovid-19 Ungkap Ada Pejabat dan Aparat Dapat Vaksin Booster di Jakarta Hari Ini

| 08 Sep 2021 17:22
LaporCovid-19 Ungkap Ada Pejabat dan Aparat Dapat Vaksin Booster di Jakarta Hari Ini
Ilustrasi vaksinasi (Amalia Putri/era.id)

ERA.id - LaporCovid-19 membeberkan temuan terbaru yang didapat dari laporan warga mengenai vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster.

Diketahui, sejumlah keluarga pejabat hingga aparat negara yang menerima vaksin booster di area perkantoran kawasan Sudirman, Jakarta.

"Hari ini aja kami mendapat laporan adanya booster vaksin ketiga untuk keluarganya pejabat dan aparat di salah satu perkantoran swasta di Jakarta, di Jalan Sudirman," ujar pegiat LaporCovid-19 Ahmad Arif dalam diskusi virutal, Ribu (8/9/2021).

Arif juga mengaku kerap mendapat laporan dari warga mengenai penyimpangan penggunaan vaksin booster oleh kalangan pejabat hingga elit. Bahkan, beberapa penyimpangan dilakukan di fasilitas negara.

"Ini beberapa laporan yang masuk ke kami mengenai penyimpangan penggunaan vaksin dosis ketiga. Bahkan ada sebagian di antaranya melaporkan penyuntikan itu dilakukan di Mabes misalnya dan dan seterusnya," kata Arif.

Banyaknya laporan mengenai penyimpangan penggunaan vaksin booster yang seharusnya diberikan kepada para tenaga kesehatan itu sangat disayangkan. Apalagi, distribusi vaksin hingga saat ini belum merata.

Kata dia, ketimpangan terhadap vaksinasi ini terjadi pada daerah seperti Lampung, Maluku Utara, Sumatera Barat. Cakupan vaksinasi di sana masih rendah, sekitar 12 persen hingga 16 persen.

"Diam-diam kalangan elit menggunakan vaksin dosis ketiga, yang di sisi lain masyarakat di luar Jawa, di daerah sangat kesulitan sekali mendapatkan vaksin. Bahkan ke Jakarta sendiri juga sulit," ujarnya.

Karenanya, Arif meminta pemerintah mengusut penyimpangan vaksinasi ini secara serius.

"Ini menurut saya hal-hal yang harus ditindaklanjuti dengan sangat serius, karena menyangkut persoalan moral dan ketimpangan atau equity," tegasnya.

Untuk diketahui, pemerintah menargetkan penggunaan vaksin Covid-19 dosis ketiga kepada 1.468.764 tenaga kesehatan.

Berdasarkan data dari situs vaksin milik Kementerian Kesehatan, per 8 September 2021 tenaga kesehatan yang sudah mendapatkan vaksin booster baru 737.337 orang atau sekitar 50,20 persen.

Kementerian Kesehatan RI telah menyelesaikan penyusunan skema pemberian dosis ketiga vaksin COVID-19 untuk masyarakat umum yang direncanakan bergulir pada 2022.

"Skema ini (vaksin dosis ketiga masyarakat umum) sudah kami buat, sekalipun pemerintah tentu tidak mampu melakukan pembayaran untuk penduduk seperti sekarang ini," kata Plt Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI Maxi Rein Rondonuwu di kanal YouTube FMB9ID, Selasa (7/9).

Rekomendasi