Warga Binaan LP Tangerang yang Selamat Alami Trauma, Menkumham Lakukan Pendekatan Psikologi

| 10 Sep 2021 18:55
Warga Binaan LP Tangerang yang Selamat Alami Trauma, Menkumham Lakukan Pendekatan Psikologi
Suasana sel Bloc C Lapas Kelas 1 Tangerang pasca kebakaran. (Dok Kemenkumham)

ERA.id - Kebakaran hebat di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Tangerang membuat para warga binaan trauma. Betapa tidak, tragedi mengenaskan yang terjadi pada Rabu, (08/09/2021) pukul 1.45 WIB itu telah menewaskan 44 orang warga binaan.

Mereka tewas dalam keadaan terkunci di dalam sel tahanan lantaran petugas tak sempat menyelamatkannya. Peristiwa itu pun kini meninggalkan duka dan trauma.

Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Rika Aprianti mengatakan para warga binaan yang selamat kini tengah mendapat pemulihan trauma atau trauma healing.

"Dari kemarin juga sudah dilakukan pendekatan psikologis trauma healing bagi warna binaan," ujar di Lapas Kelas 1 Tangerang, Jumat, (10/09/2021).

Titik kebakaran terdapat di Blok C2, tempat dimana para napi kasus narkoba ditahan. Ada 122 warga binaan yang menempati sel itu.

Kata Rika, bukan hanya warga binaan di blok tersebut yang mendapat trauma healing. Namun semuanya. Terdapat 2072 warga binaan di Lapas tersebut. Bila dikalkulasi dengan warga binaan yang selamat dan meninggal sisanya menjadi 2072 orang.

"Bukan hanya warga binaan dari 122 orang yang di Blok C2 tetapi juga warga binaan yang di blok lainnya," katanya

Diketahui, akibat dari kebakaran tersebut 41 warga binaan meninggal karena tak sempat diselamatkan. Jumlah warga binaan meninggal bertambah menjadi 44. Menyusul warga binaan yang meninggal di RSU Kabupaten Tangerang. Sedangkan, luka-luka 80 orang. 70 dirawat di klinik Lapas Kelas 1 Tangerang, 5 lainnya di RSU Kabupaten Tangerang.

Warga binaan yang sebelumnya menempati Blok C diungkapkan Rika dipindah ke Blok lainnya di Lapas tersebut. Sembari menunggu renovasi Blok C2 yang rusak parah akibat kebakaran usai.

"Dari kemaren sudah ditempatkan di blok A, B, S dan E. Dan yang ada sekarang itu dari kemarin sudah ditempatkan di blok A, B, D E dan," jelasnya.

Dia juga menegaskan tidak ada warga binaan yang diungsikan ke Lapas lain. Mereka tetap berada di Lapas Kelas 1 Tangerang. Hanya dipindahkan ke Blok lain saja.

"Tidak ada (warga binaan dipindahkan). Tugas kami adalah menenangkan bahwa tidak akan terjadi apa-apa dan semoga ini tidak terjadi lagi dan yang lebih penting lagi agar Lapas kelas 1 Tangerang pasca kebakaran tetap kondusif," pungkasnya.

Rekomendasi