Wow, DPRD DKI Jakarta Usulkan Anggaran Rp49 miliar untuk Kunjungan, Setiap Anggota Dapat Rp40 juta Per Bulan

| 13 Nov 2021 14:50
Wow, DPRD DKI Jakarta Usulkan Anggaran Rp49 miliar untuk Kunjungan, Setiap Anggota Dapat Rp40 juta Per Bulan
DPRD DKI Jakarta (Antara)

ERA.id - DPRD DKI Jakarta mengusulkan anggaran sebesar Rp49 miliar untuk masuk dalam anggaran Rencana Kerja Tahunan (RKT) DPRD pada Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD tahun anggaran 2022.

Usulan anggaran itu akan dimanfaatkan untuk kegiatan kunjugan ke daerah pemilihan (dapil) para anggota dewan. Namun, kegiatan ini berbeda dengan reses.

"Kegiatan kunjungan ini bukan reses, tapi semacam prareses. Dengan dasar itu, kita menganggarkan setiap bulannya untuk anggota dewan ke dapilnya masing-masing. Total anggarannya itu sebesar Rp49 miliar," kata Kepala Bagian Keuangan Sekretariat DPRD DKI Augustinus kepada wartawan yang dikutip pada Sabtu (13/11/2021).

Apabila disetujui masuk dalam APBD 2022, maka kegiatan mengunjungi warga di dapil akan dilakukan satu bulan sekali. Nantinya, 106 anggota DPRD mendapat anggaran sekitar Rp4 miliar per bulan.

Jika dibagi rata, masing-masing anggota DPRD akan mengantongi anggaran sampai Rp40 juta per bulan untuk kunjungan tersebut.

"Sebulan itu Rp4 miliar untuk 106 anggota. Jadi, satu Anggota DPRD, sekali kunjungan itu kurang lebih Rp35 sampai Rp40 juta sebulannya. Jika ditotal setahun atau dikali 12 bulan, jadi Rp49 miliar," papar Augustinus.

Menurut Agustinus, anggaran itu akan digunakan untuk akomodasi, memberi makanan kepada warga di dapil, sewa tenda, hingga membeli perlengkapan alat tulis.

Namun, Agustinus menegaskan, anggaran itu masih bersifat usulan. Apalagi usulan kegiatan kunjungan seperti itu belum pernah dilakukan sebelumnya.

"Tapi ini baru diusulin ya. Belum melewati hasil evaluasi. Jadi, hasil evaluasi kan bisa hilang dan belum tentu 2022 kegiatannya juga ada. Itu baru usulan," pungkasnya.

Rekomendasi