Masa Depan Jakarta Jika Ibu Kota Pindah ke Kalimantan Kini Dirancang, Bakal Jadi Apa?

| 04 Feb 2022 09:49
Masa Depan Jakarta Jika Ibu Kota Pindah ke Kalimantan Kini Dirancang, Bakal Jadi Apa?
Ilustrasi Ibu Kota Jakarta (Dok. Anies)

ERA.id - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendapat tugas untuk menyusun konsep naskah akademik Rancangan Undang Undang tentang Kekhususan Jakarta dalam waktu 53 hari.

"Kementerian Dalam Negeri memberikan waktu 53 hari kepada kami untuk menyelesaikan konsep, naskah akademik, dan sebagainya," Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, Kamis (4/2/2022) malam.

Menurut Riza, dalam penyusunan konsep tersebut, Pemprov DKI akan melibatkan para pakar maupun tokoh masyarakat, dalam penyusunan konsep RUU Kekhususan Jakarta tersebut.

Pentingnya dibuat Undang Undang tentang Kekhususan Jakarta, karena setelah Jakarta tidak lagi menjadi ibu kota, seluruh masyarakat, baik warga Jakarta maupun masyarakat Indonesia, secara umum turut memiliki kepentingan bahwa Jakarta harus menjadi kota yang lebih baik.

"Jadi apakah diusulkan Jakarta sebagai pusat perekonomian, kota dagang, pusat bisnis, kota keuangan, kota jasa perdagangan, atau kota jasa berskala internasional, bahkan juga dicoba jadi pusat pendidikan, atau pusat kesehatan. Itu semua dibahas dan diusulkan untuk disusun," katanya.

Riza menjelaskan, setelah selesai dirumuskan, konsep itu akan disusun dalam naskah akademik RUU Kekhususan Jakarta.

"Naskah akademik ini akan dikirimkan pada Kementerian Dalam Negeri untuk dimatangkan menjadi draf RUU Kekhususan Jakarta. Kemudian, akan disampaikan ke DPR RI untuk kembali dibahas di Komisi II, sebelum disetujui menjadi undang-undang," katanya.

Menurut Riza, semua tahapan ada garis waktunya ("timeline") karena akan didaftarkan adalam Prolegnas untuk dibahas di DPR RI pada 2023. "Kami akan mengikuti alur dan mekanismenya," ucap dia.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyebutkan, seiring dengan adanya rencana pemindahan ibu kota negara, Jakarta tidak butuh menyandang status kota tertentu.

Anies Baswedan berpendapat, yang paling penting ke depan adalah bagaimana Jakarta bisa menjadi salah satu kota global dunia yang melayani kebutuhan global.

Hal ini dikatakan Anies Baswedan saat menghadiri talkshow "Format dan Tata Kelola Pemerintahan" dalam rangka Penyusunan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Provinsi DKI Jakarta Tahun 2023-2026, di Balai Kota Jakarta, Kamis, 27 Januari 2022.

Penyusunan RPD diharapkan Anies Baswedan dapat menjadikan Jakarta sebagai pusat perekonomian, pendidikan dan kesehatan.

RPD bukan hanya terkait hal administrasi maupun meneruskan program yang sudah ada, melainkan mempertimbangkan posisi Jakarta di dalam orbit kota megapolitan dunia.

Dia mengatakan, saat ini Jakarta menyumbang setidaknya 18 persen terhadap PDB nasional. Karena itu, kalau kota ini bisa terus melakukan efisiensi, maka diyakininya bisa menjadi kota yang semakin kuat.

"Karena pintu gerbang internasional tetap ada di Jakarta," ucapnya.

Anies juga berharap, simpul sosial, budaya, dan peradaban yang telah terbangun di kota Jakarta dapat tetap terjaga dengan baik dan lebih diperkuat lagi. "Kesetaraan dan keadilan, harus menjadi hal yang utama," katanya.

Anies Baswedan juga berharap, ke depan Jakarta bisa menjadi kota tempat berkumpulnya seluruh anak bangsa. Karena itu, kata dia, kesetaraan dan keadilan menjadi penting.

"Semua yang datang di kota ini harus bisa mendapatkan itu. Ini yang saya ingin garis bawahi bagaimana mengaturnya ke depan," ucapnya.

Kami juga pernah menulis soal Kepala Bappenas: Pembangunan Ibu Kota Baru Dilakukan Secara Bertahap Hingga 2045 Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi