Kasus Covid-19 Melonjak, Pemkot Tangsel Siagakan RS Pondok Aren

| 17 Feb 2022 16:12
Kasus Covid-19 Melonjak, Pemkot Tangsel Siagakan RS Pondok Aren
RS Pondok Aren jadi tempat isolasi Covid-19 di Kota Tangerang Selatan (Muhammad Iqbal/era.id)

ERA.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) menyiagakan Rumah Sakit (RS) Pondok Aren sebagai lokasi perawatan pasien Covid-19.

Hal itu dilakukan seiring terus meningkatnya kasus Corona di wilayah tersebut serta antisipasi puncak gelombang varian Omicron.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangsel, Allin Hendalin Mahdaniar mengatakan, pihaknya terus melakukan optimalisasi penambahan tempat tidur untuk pasien Covid-19.

Baik ruang isolasi maupun ICU di rumah sakit rujukan Covid-19, penambahan tempat tidur juga dilakukan di isoter Rumah Lawan Covid-19 (RLC).

“Dan sekarang kami memanfaatkan gedung RS Pondok Aren juga untuk menambah kapasitas isolasi terpusat untuk mem-back up RLC. Di RS Pondok Aren itu ada 100 tempat tidur,” jelasnya, Kamis (17/2/2022).

Allin menyebutkan, per 16 Februari 2022, saat ini keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) ICU mencapai angka 26,8 persen atau terisi 15 bed dari kapasitas sebanyak 41 bed. Adapun, BOR isolasi tercatat 48,1 persen atau terisi sebanyak 304 bed dari kapasitas 328 bed yang tersedia.  

Allin memastikan pihaknya terus memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang terpapar Covid-19, termasuk juga bagi warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman). Diantaranya dengan pelayanan telemedicine atau pelayanan medis jarak jauh.

Dia berharap masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19 dan sudah menjalani isolasi atau perawatan sesuai dengan yang semestinya dapat berangsur sembuh.

“Untuk saat ini angka kesembuhan sedang menurun dibandingkan bulan Januari, ini yang terus kita upayakan bagaimana masyarakat yang sedang isoman atau dirawat di RS bisa terus di-update angka kesembuhannya,” jelasnya.

 

Kami juga pernah menulis soal Antisipasi Tambahan Kasus Covid-19, Pemkot Solo Tambah Isolasi Terpusat Kamu bisa baca di sini

 

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi