Waspada! Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19 di TPU Rorotan Mulai Meningkat, Lurah Siapkan Lahan Tambahan

| 18 Feb 2022 15:14
Waspada! Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19 di TPU Rorotan Mulai Meningkat, Lurah Siapkan Lahan Tambahan
TPU Rorotan (Antara)

ERA.id - Pemakaman yang menerapkan protokol tetap (Protap) Covid-19, di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Rorotan Jakarta Utara, mengalami peningkatan dalam periode Februari 2022.

Lurah Rorotan Idham Mugabe menuturkan, jumlah peningkatan tidak cukup parah ketimbang puncak kasus Covid-19 yang didominasi oleh varian Delta.

"Secara grafik memang meningkat namun tidak separah pada varian Delta yang lalu," ujarnya, di Jakarta, Jumat (18/2/2022).

Menurutnya, ketika puncak gelombang dua terjadi pada pertengahan 2021 lalu, pemakaman dengan Protap Covid-19 per hari bisa mencapai 230 pemakaman.

Situasi tersebut jauh berbeda dengan sekarang, walaupun terjadi peningkatan.

"Kalau sekarang paling tingginya kemarin itu 25 per hari pemakaman Protap Covid-19," tuturnya.

Idham kembali mengatakan, kapasitas TPU Rorotan masih cukup menampung jenazah, baik akibat Covid-19 maupun tidak.

Alasannya, saat kasus kematian akibat Covid-19 melandai dan bahkan mencatatkan 0 kasus dalam beberapa hari, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta terus menambah luas area pemakaman.

Sehingga menurutnya, penambahan jumlah pemakaman Protap Covid-19 terjadi, lahan pemakaman masih cukup menampung jenazah.

"Kapasitas masih cukup karena pas kemarin selesai gelombang 1 kita alami penurunan grafik bahkan sampai 0 tidak ada yang dimakamkan. Tapi kita terus mempersiapkan lahan," pungkasnya, seperti dikutip dari PMJNews.

Kami juga pernah menulis soal Jack Lapian Meninggal Dunia karena COVID-19, Muannas Alaidid Berduka: Bangga Pernah Berjuang Bersama Menjaga Negeri Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi