Jokowi Sampaikan Kabar Duka: Pasien Meninggal Kasus Omicron 69 Persen Lansia dan Belum Vaksinasi

| 18 Feb 2022 15:42
Jokowi Sampaikan Kabar Duka: Pasien Meninggal Kasus Omicron 69 Persen Lansia dan Belum Vaksinasi
Presiden Joko Widodo (Dok. BPMI)

ERA.id - Penyebaran kasus Covid-19 varian Omicron di Tanah Air terus mengalami peningkatan. Untuk itu, Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa percepatan vaksinasi dan pengetatan terhadap protokol kesehatan merupakan kunci pengendalian kasus Covid-19 varian Omicron di Tanah Air.

“Pertama vaksinasi, kecepatan vaksinasi baik itu vaksinasi suntikan yang kedua maupun untuk suntikan penguat atau booster. Yang kedua, kembali sampaikan kepada masyarakat mengenai pentingnya prokes utamanya pemakaian masker. Ini penting untuk diulang-ulang agar seluruh masyarakat taat pada protokol kesehatan,” ucap Presiden, Kamis (18/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Presiden berdialog langsung dengan sejumlah perwakilan di daerah yang melakukan vaksinasi secara serentak. Para peserta tersebut tersebar di 12 provinsi yakni Aceh, Sumatera Barat, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, capaian vaksinasi di Provinsi Maluku Utara per 17 Februari 2022 mencapai 79 persen untuk dosis pertama dan 42 persen untuk dosis kedua. Presiden pun mengajak para pihak untuk terus menggencarkan program vaksinasi di provinsi tersebut.

“Saya minta di Maluku Utara baik dosis pertama maupun dosis kedua persentasenya dipercepat lagi dibantu oleh Kodam maupun Polda agar digerakkan ke bawah sehingga persentasenya bisa meningkat lebih baik lagi,” tutur Presiden.

Jokowi juga menyebut mayoritas pasien yang meninggal akibat Covid-19 adalah lanjut usia (lansia) dan belum menerima vaksin. Karena itu, dia meminta seluruh daerah untuk mempercepat vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat, khususnya lansia.

"Dari data terakhir yang saya terima, 69 persen yang meninggal karena Omicron adalah lansia yang pertama, yang kedua yang belum di vaksin," ungkap Jokowi seperti dilihat dari siaran kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Kami juga pernah menulis soal Jokowi Resmi Teken UU IKN, Pemerintah Ajak Warga Kaltim Ikut Membangun Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi