Taman Tebet Diresmikan, Anies: Ini Berfungsi sebagai Kolam Retensi

| 24 Apr 2022 15:05
Taman Tebet Diresmikan, Anies: Ini Berfungsi sebagai Kolam Retensi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meresmikan Tebet Eco Park di Tebet, Jakarta Selatan (ANTARA)

ERA.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Taman Tebet (Tebet Eco Park), Sabtu, (23/04/2022). Taman ini diproyeksikan sebagai lokasi penampungan air atau retensi, termasuk banjir yang kerap terjadi di sekitar Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan. 

Kata Anies, hal tersebut tidak terlepas dari konsep "Eco Park" yang  menghadirkan konsep pemulihan ekosistem dan naturalisasi ruang terbuka hijau dan biru, serta penyediaan fasilitas taman yang mengakomodasi ragam aktivitas warga.

"Ini memang berfungsi sebagai kolam retensi di musim hujan, dan konsepnya natural, ketika musim kering akan surut. (Optimis menampung air) sekitar sini, iya," kata Anies di Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu, dilansir dari Antara.

Fungsi Tebet Eco Park sebagai penyerapan air akan efektif ketika aliran sungai di sekitaran Tebet dialirkan menuju sejumlah kolam air di Tebet Eco Park.

Menurut Anies, konsep Tebet Eco Park menggunakan vegetasi dan tanggul alami, serta teknik soil bioengineering di saluran air yang ada di dalam taman.

Konsep itu berfungsi membantu meningkatkan kapasitas tampungan air hujan. Sehingga, lanjut Anies, kualitas air dapat diperbaiki dan keanekaragaman hayati dapat dipulihkan.

Selain itu, Tebet Eco Park juga difungsikan memfasilitasi kegiatan masyarakat untuk berinteraksi dan bermain bagi anak-anak. 

Kehadiran Tebet Eco Park menambah jumlah revitalisasi taman di Jakarta yang sekarang sudah lebih dari 90 taman dengan konsep taman bermain.

Dengan fungsi sedemikian rupa, Anies berharap Tebet Eco Park mampu menjadi percontohan bagi taman lainnya di DKI Jakarta baik dari konsep, fungsi, hingga keterlibatan masyarakatnya.

"Membangun taman ini bersama dengan berbagai komunitas, nanti perawatan pemanfaatan juga bersama dengan komunitas," ujarnya.

Rekomendasi