Ketemu Ridwan Kamil di Bandung, Luhut ke Warga: Kerennya Gubernur Kalian

| 16 Mar 2022 13:14
Ketemu Ridwan Kamil di Bandung, Luhut ke Warga: Kerennya Gubernur Kalian
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan. (Antara)

ERA.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, memuji Ridwan Kamil di depan Warga Kabupaten Bandung.

Selain itu, ia juga merespons baik kreativitas dan inovasi Pemprov Jabar berupa Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang diterapkan dalam Program Citarum Harum.

"Nah, itu tuh, kerennya gubernur kalian (Ridwan Kamil). Idenya muncul dalam sekejap," kata Luhut saat meninjau Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) milik Perumda Tirta Wening Kota Bandung, di Desa Cikoneng, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Selasa (15/3/2022).

Luhut menyampaikan pujian itu dua kali dalam kesempatan tersebut. Pertama, saat menanggapi paparan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tentang Kolam Retensi Andir di kawasan Baleendah, dan kedua ketika menanggapi usulan Ridwan Kamil tentang kemungkinan dibuat panel surya di lokasi IPAL Bojongsoang.

Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Kang Emil yang mendengar pujian tersebut hanya tersenyum di tengah hadirin.

Pujian yang lain diungkapkan ketika Luhut memperhatikan paparan tentang penataan Kolam Retensi Andir, di mana kolam retensi itu, selain berfungsi sebagai area tangkapan air, juga menjadi area terbuka untuk publik.

Di sekitar Kolam Retensi Andir dibangun taman lengkap dengan tempat duduk. Mendengar paparan itu, Luhut langsung menimpali.

"Wah, ini saya tahu pasti idenya Kang Emil. Kalau sudah ada ruang publik kayak gini, ini Kang Emil yang punya ide," ujar Luhut.

Menko Marves juga meninjau IPAL Bojongsoang, sekaligus melihat progres penanganan Sungai Citarum juga terkait rencana bantuan dari Jerman untuk membiayai sebagian penggunaan teknologi IPAL Bojongsoang.

Kami juga pernah menulis soal Reaksi PKS ke Luhut yang Ngotot Minta Pemilu Ditunda: Tidak Ada yang Terburu-buru Kok Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi