Jokowi Ikut Tinjau Formula E, PDIP Jamin Interpelasi Anies Jalan Terus

Tim Editor

Presiden Joko Widodo (Dok. BPMI)

ERA.id - Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta tetap akan mengajukan hak interpelasi terhadap ajang Formula E, meskipun Presiden Joko Widodo sudah meninjau sirkuit balap mobil listrik bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Anggota DPRD Fraksi PDIP Gilbert Simanjuntak mengatakan, fraksinya akan mengajukan hak interpelasi dalam rapat paripurna setelah Hari Raya Idulfitri. Dia menekankan, meskipun pengerjaan Formula E sudah selesai, pihaknya tetap melanjutkan pengajuan hak interpelasi.

"Hak interpelasi kita coba masukkan paripurna setelah Idulfitri. Pun bila sudah selesai dikerjakan Formula E, interpelasi masih akan digulirkan," kata Gilbert kepada wartawan, Selasa (26/4/2022).


Gilbert juga meminta masalah kunjungan Jokowi untuk meninjau sirkuit Formula E jangan terlalu dimaknai berlebihan, apalagi dikaitkan dengan sikap Fraksi PDIP yang akan mengajukan hak interpelasi.

Menurutnya, kunjungan Jokowi itu hanya sebatas formalitas. Sehingga tidak bisa diartikan sebagai dukungan terhadap ajang Formula E.

"Kunjungan presiden kemarin itu formalitas saja. Jangan diinterpretasikan berlebihan," kata Gilbert.

Terpisah, Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Gerindra M Taufik menilai tak masalah apabila hak interpelasi di DPRD yang digulirkan PDIP dan PSI hal yang berbeda dengan sikap Jokowi. Ia minta tidak dikaitkan.

"Iya itu dua hal yang berbeda, itu kan hak orang, interpelasi, hak anggota DPRD. Cuman, ya saya kira mestinya harus di, dua hal yang berbeda lah jangan dikaitkan, Itu hak anggota dewan," kata Taufik.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara, Senin (25/4). Dalam kunjungannya itu, nampak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ikut mendampingi.

Dalam salah satu foto, terlihat Jokowi disopiri Anies dengan menggunakan mobil golf atau buggy car. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu juga nampak sedang menjelaskan perkembangan kesiapan arena sirkuit.

Adapun Jokowi menyampaikan bahwa kunjungannya itu untuk memastikan kesiapan penyelenggaraan ajang balap mobil listrik yang akan digelar pada 4 Juni 2022 mendatang.

"Saya ingin melihat persiapan Formula E seperti apa di lapangan. Untuk trek balapan sudah siap, kemudian yang dikejar tinggal paddock dan grandstandnya," kata Jokowi dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (25/4/2022).

Menurut Jokowi, pengerjaan paddock dan grandstand Formula E masih bisa dikejar setelah Hari Raya Idulfitri 2022. Dia berharap, awal Juni mendatang masyarakat sudah bisa menyaksikan ajang balap mobil bertaraf internasional tersebut.

"Masih ada waktu habis Lebaran, dan kita harapkan di awal Juni kita bisa melihat balapannya," kata Jokowi.

Sementara Anies menyampaikan bahwa pengerjaan sirkuit Formule E memang masih dilakukan hingga saat ini. Namun untuk trek balapan, dipastikan sudah selesai 100 persen.

"Kalau untuk treknya (trek balapan) sudah 100 persen selesai," kata Anies.

Tag: DKI Jakarta formula e anies baswedan jokowi dprd dki jakarta

Bagikan: