Bakti Sosial di Museum MH Thamrin, Finalis Abnon Jakpus 2022 Ajak Anak-Anak Cintai Museum dan Sejarah Bangsa

| 18 Jul 2022 12:19
Bakti Sosial di Museum MH Thamrin, Finalis Abnon Jakpus 2022 Ajak Anak-Anak Cintai Museum dan Sejarah Bangsa
15 pasang Finalis Abang None (Abnon) Jakarta Pusat Tahun 2022 menggelar bakti sosial di Museum Husni Thamrin, Minggu (17/7). (Foto: Istimewa)

ERA.id - Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Kota Administrasi Jakarta Pusat mengajak 15 pasang Finalis Abang None (Abnon) Jakarta Pusat Tahun 2022 untuk menggelar kegiatan bakti sosial di Museum Husni Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (17/7).

Para finalis Abonon pun turut memberikan edukasi kepada 60 anak yang berasal dari Sekolah Dasar Swasta (SDS) Rumah Kita Kenari.

Para siswa diedukasi mengenai apa itu abang none dengan cara yang menarik dan menghibur, serta diajak berkeliling mengunjungi museum dan nonton bareng film bersejarah MH Thamrin.

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma yang turut hadir dalam kegiatan ini mengapresiasi bakti sosial ini. Menurut dia, dengan mengajak anak-anak mengunjungi museum diharapkan dapat membuat para anak-anak ini sejak dini mencintai museum dan sejarah perjalanan bangsa.

"Ini salah satu upaya kita menumbuhkan semangat pada anak-anak untuk mencintai seni, sejarah dan berkreativitas," katanya didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting dan Camat Senen Ronny Jarpiko.

Dhany menuturkan Museum MH Thamrin merupakan salah satu museum ditujukan untuk mengenang Pahlawan Jakarta atau Betawi yang kiprahnya sangat memberikan warna bagi perkembangan Kota Jakarta. Sehingga perlu diperkenalkan kepada masyarakat terlebih museum ini berada dilingkungan masyarakat.

"Kita ingin lebih menghidupkan museum yang ada di Kenari ini dan tadi dikemas dengan acara yang sederhana namun cukup meriah, elegan, dan substansi atau pesan yang ditangkap ialah bagaimana kita menumbuhkan kepada anak-anak cinta museum, cinta sejarah, dan menjadi pribadi-pribadi yang berkarakter," tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala Seksi Pemasaran dan Atraksi Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Kota Administrasi Jakarta Pusat Eva Ester Juliana mengungkapkan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli 2022 mendatang.

"Dalam kegiatan ini Kita berkolaborasi bersama Association Experience Learning Indonesia (AELI), Penerbit erlangga, dan Komunitas Bike to Work (B2W) Indonesia. Selain diedukasi mengenai abang none serta diajak mengunjungi museum serta menonton film, para siswa juga mendapat goodie bag dari penerbit erlangga serta diajarkan salam abang none dan menari Nandak," ungkapnya.

Dalam Kegiatan ini juga diisi dengan penyerahan secara simbolis paket buku bacaan dari Penerbit erlangga kepada RPTRA MH Thamrin dan taman bacaan di wilayah Kenari serta pemberian tempat sampah dari Komunitas Bike To Work kepada Museum MH Thamrin.

Acara yang berlangsung meriah ini ditutup dengan menari Nandak secara bersama-sama.

Rekomendasi