SNSD Kena Sentil Plagiat di Musik Video "Forever 1", Sang Sutradara Minta Maaf: Saya Malu

| 15 Aug 2022 14:12
SNSD Kena Sentil Plagiat di Musik Video
SNSD (Instagram/smtown)

ERA.id - Salah satu girl group ternama Korea Selatan, SNSD baru saja merayakan 15 tahun debut mereka dengan merilis lagu "Forever 1". Namun, di tengah kebahagiaan comeback ini, SNSD terkena kasus plagiarisme pada musik video lagu tersebut. 

Kasus plagiarisme tersebut berawal dari seorang netizen asal Jepang, yang menemukan kemiripan pada logo 15 tahun perayaan SNSD dalam musik video. Logo tersebut dinilai meniru logo perayaan ke-15 tahun Tokyo Disney Sea.

"Bukankah ini plagiarisme dari 15th anniversary Disney Sea?" tulis si netizen, dilansir dari Soompi.

Kabar ini pun ramai dibicarakan, hingga akhirnya sang sutradara musik video tersebut, Shin Hee Won meminta maaf. Ia tak menampik akan kemiripan yang ada pada kedua logo tersebut dan meminta maaf karena memakainya tanpa izin.

"Pertama-tama saya ingin meminta maaf kepada member Girls Generation atau SNSD dan SM Entertainment karena desain beberapa set dalam MV Forever 1. Saya malu dan menyesal karena meminjam desain tanpa izin perusahaan," ucap Shin Hee Won.

Lebih lanjut, Shin Hee Won meminta maaf karena dirinya yang kurang teliti dalam proses perizinan penggunaan desain logo. Ia pun mengakui bahwa desain logo yang digunakannya memang logo perayaan ke-15 tahun Disney Sea.

"Hari ini kami mengonfirmasi bahwa itu adalah logo ulang tahun ke-15 Disney Sea. Kami dengan tulus meminta maaf atas mendesain set tanpa menyelidiki atau konfirmasi secara menyeluruh," jelasnya.

Rekomendasi