6 Lagu Batak Terpopuler Sepanjang Masa, Mana yang Sering Kamu Dengar?

| 24 Aug 2022 22:07
Cover Lagu Batak (Youtube.com)

ERA.id - Sudah menjadi rahasia umum jika penyanyi Batak dipercaya memiliki suara khas yang nyaman untuk didengar. Selain itu, warna musik dari lagu-lagu Batak juga memberikan ciri khas tersendiri. Suara penyanyi dan perpaduan musik yang disajikan dalam lagu-lagu batak adalah kenikmatan khusus yang menjadi pengisi waktu senggang, bahkan tidak hanya bagi orang Batak.

Apalagi, saat ini, sangat banyak penyanyi yang mengunggah karya lagu-lagu Bataknya di YouTube. Lagu-lagu ini pun menerima sambutan yang sangat positif dari pengguna Youtube, terbukti dari jumlah penonton yang mencapai jutaan orang.

Berikut beberapa lagu Batak terpopuler sepanjang masa.

Apa saja lagu-lagu Batak yang paling populer itu? Simak ulasannya di bawah ini.

Lagu 'Mardua Holong', dibawakan oleh Omega Trio feat Mario Music

Mardua Holong. (Youtube.com)

Lagu yang dinyanyikan oleh Omega Trio feat Mario Music ini diproduksi oleh Wahana Records. Videonya diunggah ke YouTube pada 13 November 2016. Lagu ini sendiri sudah mendapatkan penonton sebanyak lebih dari 24 juta viewer.

Sedangkan untuk isinya, lagu batak "Mardua Holong" ini berkisah tentang seorang pria yang kekasihnya mendua atau mengkhianati cintanya. "Mardua Holong" sendiri bermakna 'mendua cinta' atau 'cinta yang mendua'.

Lagu 'Aut Boi Nian', dinyanyikan oleh Viky Sianipar feat. Alsant Nababan

Aut Boi Nian. (Youtube.com)

Makna dari "Aut Boi Nian" yaitu 'Seandainya Aku Bisa', yang mengisahkan tentang seorang pria yang dilanda kesedihan. Pria tersebut terpaksa mengakhiri hubungan cinta dengan kekasihnya, karena si pria hanyalah orang miskin dan tidak mendapat restu orang tua si gadis.

Lagu ini merupakan lagu soundtrack yang digunakan dalam film Toba Dreams. Lagu yang dirilis di YouTube pada 20 Mei 2015 ini memang sudah sepantasnya menyandang gelar lagu batak terpopuler sepanjang masa, karena lebih dari 23 juta orang sudah menontonnya.

Lagu 'Orang Ketiga', dinyanyikan oleh Nabasa Trio

Orang Ketiga, Nabasa Trio. (Youtube.com)

Lagu "Orang Ketiga" ini bercerita tentang seseorang yang berselingkuh dengan orang yang dicintainya padahal masing-masing sudah mempunyai kekasih. Dalam hubungan tersebut, si pria rela menjadi orang ketiga.

Lagu Batak yang dinyanyikan oleh Nabasa Trio ini begitu populer, terbukti dari jumlah penonton yang menyentuh angka lebih dari 38 juta orang. Videonya dirilis di YouTube pada 23 Februari 2018 dan diproduksi oleh Rosari Record.

Lagu 'Sai Horas Ma Ho Tu Siboru Lomomi' dari Duo Naimarata

Lagu yang berjudul "Sai Horas Ma Ho Tu Siboru Lomomi" ini memiliki makna 'Semoga kamu bahagia dengan kekasih atau perempuan barumu'. Dengan demikian, lagu ini membawakan kisah tentang seorang perempuan yang harus rela berpisah dari kekasihnya yang lebih memilih perempuan lain, meskipun ia sudah mempersembahkan segala hal kepada sang kekasih hatinya itu.

Diciptakan oleh Hendro Sinambela, lagu melankolis yang dibawakan oleh Duo Naimarata ini dirilis pada 2 November 2020 dan sudah ditonton oleh 17 juta orang.

Lagu 'Sinanggar Tullo', lagu daerah Batak

Hampir semua orang di Indonesia mengenal lagu "Sinanggar Tullo". Lagu daerah yang berasal dari Sumatera Utara ini merupakan salah satu lagu Batak yang paling kerap dibawakan oleh anak-anak hingga dewasa. Bahkan tidak cuma orang Batak, selain orang Batak pun sering menyanyikan dan mendengarkan lagu ini.

Pencipta lagu ini yaitu komponis Tilhang Gultom. Lagu yang terkesan energik dan membawakan semangat ini biasanya dinyanyikan bersamaan dengan Tari Tortor. Banyak penyanyi Batak yang menyanyikan lagu ini, salah satunya adalah Titin Ginting yang diunggah di kanal YouTube-nya dan sudah mengundang lebih dari 4 juta orang penonton.

Lagu 'Tondi-Tondiku' dari Style Voice

Lagu Batak ini dipopulerkan oleh trio vokal asal Batak yang bernama Style Voice. "Tondi-tondiku" mempunyai arti 'Jiwa ragaku'. Lagu ini membawakan kisah mengenai kasih sayang seorang ayah kepada anaknya. Anak menjadi kekuatan yang mampu menambah kekuatan hati seorang ayah dan merupakan harta paling berharga bagi orang tua.

Diproduksi oleh Style Voice Production dan diciptakan oleh Herbet H. Aruan, lagu 'Tondi-Tondiku' ini dirilis pada 5 Mei 2020 dan sudah mengundang lebih dari 19 juta viewers.

Demikianlah beberapa lagu Batak yang populer dan paling banyak ditonton sepanjang waktu. Lagu-lagu Batak memang mempunyai penggemar yang sangat banyak dan tidak hanya berasal dari orang Batak saja. Bagi Anda yang berasal dari suku selain Batak, pasti akan ikut bergoyang dan ketagihan saat mendengarkan lagu-lagu di atas. Selamat mendengar!

Rekomendasi