Berlangsung 3 Pekan, M Bloc Fest 2022 Tampilkan Beragam Industri Kreatif, hingga Live Musik

| 26 Sep 2022 17:15
Berlangsung 3 Pekan, M Bloc Fest 2022 Tampilkan Beragam Industri Kreatif, hingga Live Musik
Fariz RM (Dok. M Bloc Space)

ERA.id - M Bloc Fest merupakan festival industri kreatif tahunan yang kali ini menampilkan beberapa bidang seperti musik, seni, desain dan literatur yang diadakan oleh M Bloc Entertainment. Ajang ini sekaligus merayakan hari jadi M Bloc Space yang ketiga pada 26 September mendatang sebagai ruang kreatif publik dan melting pot untuk berkegiatan dan berjejaring di Jakarta.

M Bloc Fest yang akan berlangsung selama tiga pekan mulai 24 September hingga 16 Oktober 2022 di M Bloc Space, Jakarta Selatan akan terdiri dari beberapa festival dengan berbagai jenis kegiatan dan turut diramaikan oleh para talenta teranyar hingga kawakan dari berbagai bidang industri kreatif. Ada lima venue berbeda di M Bloc Space yang akan menjadi lokasi penyelenggaraan M Bloc Fest yaitu M Bloc Live House, Creative Hall, Foya, Twalen, dan Bloc Bar.

Pada M Bloc Fest yang perdana ini secara berturut-turut akan ada festival literatur The Writers Book Festival (24 – 25 September 2022), festival musik M Bloc Music Week (25 September – 2 Oktober 2022), festival berkain Pasar Wastra (26 – 28 September 2022), festival literatur Jakarta Art Book Fair (30 September – 2 Oktober 2022) hingga festival desain M Bloc Design Week (4 – 16 Oktober 2022).

Line up M Bloc Entertainment (Dok. M Bloc Space)

The Writers Book Festival yang diadakan pada 24 dan 25 September 2022 di Creative Hall merupakan sebuah festival literatur yang diadakan oleh komunitas pegiat literasi di Jakarta. Pada acara ini nantinya akan diadakan berbagai kegiatan literasi yang menarik seperti peluncuran buku, bedah buku, penjualan buku, lokakarya penulisan hingga musikalisasi puisi.

Jakarta Art Book Fair (JKTABF) adalah sebuah pergelaran art book yang bertujuan untuk memamerkan, menjual dan berjejaring antara sesama seniman, kreator art book, illustrator, penulis, penerbit independen dengan audiens mereka.

JKTABF diselenggarakan untuk menjadi platform bagi para penerbit art book dan juga penggagas media cetak beserta kolektornya. Sebagai platform untuk menyebarkan passion ini mereka percaya dapat saling bertukar pengetahuan dan pengalaman serta membuka potensi kolaborasi di Indonesia dengan teman-teman di luar negeri. JKTABF akan diadakan selama tiga hari pada tanggal 30 September, 1 Oktober, dan 2 Oktober 2022 di Creative Hall.

Pasar Wastra yang akan digelar pada 26 – 28 September 2022 di Creative Hall oleh Swara Gembira merupakan platform berjualan aneka jenis kain nusantara yang ditujukan terutama ke kalangan generasi muda. Sebagai pelopor Gerakan Berkain di Indonesia Swara Gembira melihat apa yang diutarakan oleh banyak orang terkait mencintai Indonesia kadang hanya lip service belaka, tiada yang kongkret. Karena itulah mereka kemudian turun tangan melakukan kampanye Indonesia berkain dengan membentuk Remaja Nusantara.

M Bloc Design Week (MBDW) merupakan gelaran acara pameran M Bloc Space di ranah lintas disiplin desain mulai dari arsitektur, fashion, desain grafis, desain produk, dan fotografi. Lebih dari 80 kolaborator/studio berperan serta memamerkan hasil karya/produk desain. MBDW pertama kali ini mengusung tema “Ruang Inklusif” dengan berbagai program seperti workshop, talkshow, pameran dan pertunjukan musik dari mulai tanggal 4 – 16 Oktober 2022 di Creative Hall, M Bloc Space.

M Bloc Music Week (MBMW) yang digelar pada 25 September hingga 2 Oktober 2022 adalah sebuah festival musik multi genre tahunan yang berlangsung selama delapan hari penuh dan diutamakan menampilkan para band/musisi pendatang baru terkurasi yang potensial menjadi besar di masa depan. Lebih dari 100 musisi/band telah dijadwalkan tampil di beberapa venue musik yang ada di dalam M Bloc Space.

Beberapa artis ternama yang sudah dikonfirmasi bakal tampil di festival ini adalah Fariz RM Anthology, Pure Saturday, Rumahsakit, Bangkutaman, Mocca, Efek Rumah Kaca, SORE, Reality Club, The Adams, The Brandals, Romantic Echoes, Bilal Indrajaya hingga Oslo Ibrahim. Selain itu masih akan ada satu penampil rahasia yang bakal menjadi aksi pembuka M Bloc Music Week. Rencananya nama penampil tersebut baru akan diumumkan pada H-1.

Sementara para pendatang baru yang akan tampil di antaranya adalah Egi Virgiawan, Sunwich, Bagus Bhaskara, Irama Pantai Selatan, Crayola Eyes, Mad Madmen, Penikmat Soto, Magnolia Celebration, Brian Rahmattio, The Jansen, Erratic Moody, Bleu House, hingga Sokhi.

“Pada M Bloc Music Week spotlight justru harus tertuju kepada para musisi pendatang baru yang selama beberapa tahun terakhir pernah tampil di serial event Emerging Showcase, Emerging Acoustica, Emerging Session, Tabik, Irama Kotak Suara maupun yang pernah mengenalkan musik mereka dengan menghajar panggung kecil, penuh peluh nan bergairah di Bloc Bar. Tak hanya organizer, para penonton yang membeli tiket dan datang ke acara ini juga punya peran yang sama besarnya.

Mungkin di sini kesempatan pertama kalian menemukan band-band/musisi keren yang baru dan bisa menyaksikan mereka di panggung-panggung kecil dan intim. Siapa tahu ke depannya mereka bakal tampil sebagai headliner di berbagai festival musik ternama nan gigantis?,” ujar Wendi Putranto selaku Co-founder dan Program Director M Bloc Space.

Tiket untuk M Bloc Fest 2022 masih tersedia dan hanya dijual via Loket.com.

Rekomendasi