Taylor Swift Pecahkan Rekor, Penjualan Vinyl Album 'Midnights' Jadi Paling Laris di Abad Ke-21

| 28 Dec 2022 19:29
Taylor Swift Pecahkan Rekor, Penjualan Vinyl Album 'Midnights' Jadi Paling Laris di Abad Ke-21
Taylor Swift. (Twitter/@4k_taylorr)

ERA.id - Album terbaru Taylor Swift, Midnights menjadi album paling laris dalam format vinyl di abad ke-21, melebihi penjualan CD-nya.

Taylor Swift seakan tidak mau berhenti meraih prestasi dalam industri musik. Pelantun lagu "Anti-Hero" itu menjadi artis dengan kemenangan paling banyak di ajang American Music Awards (AMAs).

Dilansir dari NME, Rabu (28/12/2022), setelah menunggu dua tahu, akhirnya album Midnights diperkenalkan pertama kali bulan Oktober 2022 dan berhasil memuncaki tangga lagu di berbagai negara (terkecuali Jepang yang berada di urutan ke-7).

Taylor Swift juga menjadi satu-satunya musisi yang berhasil menjual albumnya lebih dari satu juta unit di minggu pertama perilisan.

Album Midnights dijual juga dalam edisi CD dan vinyl. Minggu pertama penjualan vinyl, Swift berhasil menjual sebanyak 575.000 ribu. Kini dilaporkan total-total penjualan telah mencapai 800 ribu keping.

Melihat kesuksesan itu, Taylor Swift dinilai telah memecahkan rekor dengan penjualan ambum vinyl tertinggi di abad ke-21. Hal ini selaras dengan pencapaian dari Michael Jakson. Tahun 1987, musisi yang berjuluk King of Pop dalam album Bad mendapat penjualan vinyl terbanyak.

Kim Bayley selaku Kepala Eksekutif dari Entertainment Retailers Association (ERA) mengatakan penjualan vinyl yang meningkat menjadi sejarah bagi Taylor Swift dan industri musik.

"Setelah CD datang dan cukup banyak menyingkirkan bisnis vinyl, hanya sedikit dari kita yang percaya kebangkitan seperti ini mungkin terjadi," tuturnya.

Melihat beberapa musisi yang mulai menjual album vinyl mereka, mulai dari Taylor Swift, Adele, sampai musisi lokal Kunto Aji. Beberapa ahli mengatakan hal tersebut jadi salah satu alasan mengapa vinyl kembali diminati di tahun 2022.

Rekomendasi