Awalnya Tak Percaya Diri, Iwan Fals Ngaku Kaget dengan Harga Tiket di Konser Tunggalnya

| 12 Jan 2023 20:50
Awalnya Tak Percaya Diri, Iwan Fals Ngaku Kaget dengan Harga Tiket di Konser Tunggalnya
Dikta, Iwan Fals, dan Dewi Gita (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)

ERA.id - Musisi legendaris Virgiawan Listanto atau Iwan Fals akan menggelar konser tunggal bertajuk Petisi Cinta: Manusia Setengah Dewa di Ciputra Artpreneur pada 25 Februari 2023. 

Konsep yang diusung oleh Petisi Cinta: Manusia Setengah Dewa adalah sebuah penggambaran akan rasa cinta kepada alam, manusia dan Tuhan. 

Sebuah konsep yang secara langsung dekat kepada setiap individu manusia. Sebab, trilogi (alam, manusia dan tuhan) tergambar di hampir semua kepercayaan yang menjadi landasan hidup umat manusia. 

Tiket konser itu mulai dijual Sabtu minggu ini, yakni 14 Januari 2023 di loket.com. Tiket terbagi menjadi lima kategori yakni Silver yang dijual seharga Rp1,5 juta, Gold Rp2,5 juta, Platinum Rp3,5 juta, Diamond Rp5 juta dan Black Diamond Rp6,5 juta.

Jumpa pers konser tunggal Iwan Fals (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)
Jumpa pers konser tunggal Iwan Fals (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)

Dalam acara jumpa pers, pelantun lagu "Bento" ini mengaku sempat tak percaya diri karena harga tiket terbilang fantastis. 

"Awalnya nggak pede, waduh tiket mahal banget. Bismillah, tapi rezeki Allah ya atur. Tapi, saya tidak terbiasa dengan harga itu. Dengar Rp6 juta luar biasa," kata Iwan Fals saat menghadiri jumpa pers di Komplek Kemang Jaya, Kemang, Jakarta Selatan pada Kamis (12/1/2023).

Walau harga tiketnya terbilang mahal, musisi berusia 61 tahun ini mengaku dirinya dan tim akan memberikan yang terbaik untuk penonton. 

Ia berharap konser tunggalnya dapat disaksikan oleh pemangku kepentingan di Tanah Air dan di aplikasikan dalam setiap kebijakan publik.

"Aplikasikan dengan harga tiket ternyata bisa saya jadi berharap bukan cuman nyanyi, lagu bisa di realisasikan dengan pemangku kepentingan. Saya berharap jangan mendengar saja, tapi aplikasikan lagu itu. Tidak gampang hukum tegak seperti apa, sekolah, rumah sakit gratis," tutur Iwan Fals.

Konser ini berfokus terhadap isu alam dan lingkungan, maka akan dilakukan aksi nyata dengan menanam 1.000 bibit pohon.

"Habis konser, akan ada penanaman pohon. Ketika pohon ditanam, nanti akan terus tumbuh. Burung-burung akan tinggal disana dan banyak air mengalir. Nantinya akan ada cerita sendiri," kata Iwan Fals.

"Setiap lagu pasti ada cerita, untuk detailnya kita sama-sama lihat ada benang merah. Ini kewajaran setiap perjalanan yang ada visi misi saya," lanjutnya.

Jumpa pers konser tunggal Iwan Fals (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)
Jumpa pers konser tunggal Iwan Fals (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)

Iwan Fals sangat antusias menyambut konser tunggalnya ini. Selain menunjukkan karyanya, Iwan Fals bisa lebih dekat dengan penonton karena dihadiri 1.000 orang.

"Awalnya saya surprise wah petisi cinta, Manusia Setengah Dewa, waduh dan akhirnya saya mengakui ini harus diikrarkan," tutur Iwan Fals.

Iwan Fals mengaku mempersiapkan dirinya dengan fokus berlatih musik dan vokal. Iwan Fals juga memilih lagu yang akan dibawakan karena harus sesuai dengan konsep konser tersebut.

"Persiapan latihan, memilih lagu mana yang (berhubungan) manusia, alam maupun Tuhan. Latihan, latihan, latihan," kata Iwan Fals.

Tidak hanya Iwan Fals saja, Konser Petisi Cinta: Manusia  Setengah Dewa juga mengajak seniman lainnya seperti Butet Kartaredjasa, Dewi Gita, Dikta Wicaksono, dan Syarikat Idola Remaja untuk menjadi kolaborator.

Rekomendasi