Ragam Alat Musik Betawi dengan Cara Memainkan yang Berbeda-beda

| 15 Jan 2023 08:15
Ragam Alat Musik Betawi dengan Cara Memainkan yang Berbeda-beda
Ilustrasi gambang keromong Betawi (kebudayaan.kemdikbud.go.id)

ERA.id - Indonesia kaya akan budaya, ada yang lahir sejak zaman nenek moyang, tetapi ada pula yang lahir setelah mendapatkan pengaruh dari budaya lain. Salah satu hasil budaya Indonesia adalah alat musik tradisional, misalnya alat musik Betawi.

Saat ini, alat musik Betawi mungkin sudah tidak terlalu mudah untuk ditemukan, bahkan di DKI Jakarta. Namun, para pemerhatinya masih merawat dan mejaganya agar tetap lestari.

Demi menjaga agar alat-alat musik ini terus ada dan bisa dimainkan oleh generasi selanjutnya, pengatahuan mengenai alat musik ini tentu dibutuhkan. Berikut adalah beberapa alat musik Betawi yang berhasil dikumpulkan tim Era dari berbagai sumber.

Berbagai Alat Musik Betawi

Gambang

Gambang adalah alat musik Betawi yang dibuat dari bilah kayu yang berjumlah 18 bilah dengan bentuk seperti perahu. Cara memainkannya adalah dengan memukul bilah-bilah tersebut. Anda mungkin pernah mendengar nama alat musik ini di daerah lain. Namun, ini juga termasuk alat musik tradisional Betawi.

Dalam pembuatan gambang, ada beberapa jenis kayu yang biasanya digunakan, seperti kayu manis, suangking, dan ahlu batu. Ukuran masing-masing bilah tidak sama agar mendapatkan nada-nada yang tepat.

Keromong

Terkadang, keromong disebut juga sebagai bonang. Cara memainkannya sama dengan gambang, yaitu dipukul. Namun, keromong dibuat dari logam, bukan kayu. Dalam sebuah pertunjukkan, keromong memiliki peran sebagai melodi pokok. Gambang dan keromong merupakan alat yang digunakan dalam kesenian gambang keromong.

Tehyan

Ini juga termasuk salah satu alat musik Betawi yang masuk dalam kesenian gambang keromong. Namun, cara memainkan tehyan adalah dengan menggesek—mirip dengan biola dan rebab.

Alat musik lain yang mirip dengan tehyan adalah kongahian dan sukong. Ketiganya dimainkan dengan cara digesek. Alat musik Betawi ini adalah alat musik melodi yang cara memainkannya menggunakan tongkat bersenar plastik (kenur).

Terompet

Ini adalah alat musik yang kemungkinan lahir dari budaya asing (Eropa) yang pada zaman dahulu masuk ke Betawi. Alat musik ini dimainkan dengan ditiup.

Rebana

Rebana juga disebut sebagai salah satu alat musik Betawi. Namun, diperkirakan alat musik ini juga berasal dari luar Betawi (kawasan Timur Tengah).

Rebana terdiri atas 3 jenis, yaitu rebana biang, hadroh, dan ketimpring. Pembeda dari masing-masing jenis rebana adalah ukurannya. Rebana memiliki fungsi untuk mengiringi lagu, biasanya dimainkan saat menjalankan tradisi tertentu, terutama yang berbau islami.

Ningnong

Alat musik Betawi, Ningnong (dinaskebudayaan.jakarta.go.id)

Alat musik ningnong seperti bonang, tetapi jumlahnya lebih sedikit, yaitu dua buah. Ningnong dibuat dari logam layaknya bonang. Ukuran ningnong sekitar 10 cm (diameter). Kedua buah “bonang” tersebut diletakkan pada bingkai kayu bertangkai satu. Cara memainkannya juga seperti bonang, yaitu dipukul.

Kecrek

Alat musik satu ini juga tak terlepas dari gambang keromong. Kecrek terbuat dari 2 hingga 4 lempengan logam tipis, bisa berupa besi, kuningan, atau perunggu.

Lempengan-lempengan logam tersebut disusun di atas papan kayu. Kecrek memiliki fungsi mengatur irama. Seperti sebelumnya, alat musik Betawi ini juga dimainkan dengan cara dipukul dengan palu atau tongkat khusus dari kayu.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi