Mengenal Alat Musik Ansambel, Pertunjukan yang Dimainkan secara Rombongan

| 04 Feb 2023 11:05
Mengenal Alat Musik Ansambel, Pertunjukan yang Dimainkan secara Rombongan
Ilustrasi alat musik ansambel (Unsplash/Kael Bloom)

ERA.id - Pentas musik bisa dilakukan secara perorangan atau solo maupun berkelompok. Memainkan alat musik secara berkelompok disebut ansambel. Alat musik ansambel dimainkan secara oleh suatu rombongan musik. 

Ansambel adalah sajian musik yang terdiri dari gabungan berbagai alat musik. Istilah ansambel berasal dari kata bahasa Perancis yang artinya rombongan musik. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ansambel atau ensambel artinya adalah kelompok pemain musik yang bermain bersama. 

Musik ansambel dimainkan secara rombongan dengan memadukan beberapa alat musik sekaligus. Jumlah pemain musik ansambel bisa terdiri dari dua, tiga, hingga lebih. Namun pemainnya tidak sebanyak pertunjukan orkestra. Selain itu, dalam musik ansambel juga tidak ada konduktor atau pemimpin yang memberikan instruksi seperti pada orkestra. 

Ciri-Ciri Musik Ansambel

Untuk mengetahui seperti apa musik ansambel, ada sejumlah ciri-cirinya. Ada lima ciri-ciri musik ansambel, yakni sebagai berikut:

  • Musik ansambel dimainkan secara bersama-sama, terdiri atas beberapa alat musik yang sejenis maupun campuran.
  • Bunyi yang dihasilkan dari kombinasi semua alat musiknya akan menyajikan perpaduan yang harmonis.
  • Biasanya dimainkan di ruangan tertutup sehingga bisa lebih dinikmati.
  • Pemain musiknya bersifat tetap atau tidak berganti-ganti untuk mempertahankan kekompakan dan kerja sama.
  • Memainkan lagu yang durasinya cenderung pendek atau lirik yang tidak terlalu panjang, sehingga aransemen lebih sederhana. 

Jenis dan Contoh Alat Musik Ansambel

Ansambel menyajikan musik yang mengandung unsur ritmis, melodis, dan mampu menciptakan harmonisasi. Keunikan dari musik ansambel adalah keberagaman alat musiknya yang bisa menciptakan irama harmoni. 

alat musik ansambel (Unsplash/Lee Pigott) 

Alat musik ritmis dimainkan dengan cara ditabuh atau dipukul memakai tangan, alat, dan bisa juga dikocok. Contoh alat musik ritmis adalah drum, gendang, tamborin, dan lainnya. Sementara alat musik melodis bisa memainkan notasi nada pada lagu dengan cara ditiup, digesek, dihisap, dan sebagainya. Contoh alat musik melodis, seperti gitar, biola, pianika, recorder, dan sebagainya. 

Setiap pemain dalam musik ansambel akan bertanggung jawab terhadap suara yang dimainkan masing-masing. Setiap pemain harus bisa mengikuti keseluruhan musik yang dimainkan, tanpa adanya konduktor atau instruktur seperti orkestra. Ada dua jenis musik ansambel, yaitu ansambel sejenis dan campuran. 

Musik Ansambel Sejenis

  • Musik ansambel sejenis adalah ansambel yang terdiri dari alat musik sejenis. Misalnya ansambel tiup, ansambel perkusi, ansambel gesek, dan ansambel petik.
  • Ansambel tiup: seluruh instrumen dalam ansambel ini dimainkan dengan alat musik tiup, seperti saksofon, harmonika, terompet, flute, recorder, klarinet, trombon, dan lainnya.
  • Ansambel perkusi: ansambel ini dimainkan dengan alat-alat musik perkusi atau ritmis, seperti drum, rebana, gendang, dan lainnya.
  • Ansambel gesek: ansambel ini memakai alat musik gesek untuk memainkan instrumennya, seperti biola, viola, cello, rebab, dan lainnya.
  • Ansambel petik: musik ansambel ini dimainkan dengan alat musik petik, seperti gitar, harpa, kecapi, sasando, dan lainnya. 

Ansambel sejenis bisa disajikan memakai beragam alat musik yang sejenis dan satu jenis alat musik saja. Misalnya ansambel yang dimainkan dengan gitar saja atau ansambel saksofon. 

Musik Ansambel Campuran

Ansambel campuran adalah musik ansambel yang dimainkan dengan berbagai jenis instrumen atau alat musik berbeda. Misalnya ansambel yang memainkan lagu tertentu, maka alat musik yang dipakai bisa bermacam-macam mulai dari gitar, saksofon, tamborin, simbal, triangle, pianika, dan lainnya. 

Ansambel campuran umumnya lebih menarik perhatian audiens atau pendengarnya karena suara yang dihasilkan cukup beragam. Meski terdiri dari berbagai jenis alat musik, namun pertunjukan yang disajikan bisa harmoni dan terdengar merdu. Saat memainkan ansambel campuran, akan terjalin kerja sama yang harmonis dalam memainkan alat musik melodis dengan acuan pola ritmis.

Demikianlah ulasan mengenai alat musik ansambel. Ansambel merupakan pertunjukan musik yang dimainkan secara rombongan dengan berbagai alat musik. Musik ansambel biasanya ditemui dalam beberapa acara resmi, seperti pernikahan, acara budaya, pertemuan resmi, dan sebagainya.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi