Gandeng Kaleb J, Jaz Hayat Ajak Bangkit Lewat Move On Tutorial

| 11 Apr 2023 10:30
Gandeng Kaleb J, Jaz Hayat Ajak Bangkit Lewat Move On Tutorial
Jaz Hayat (Dok: Sony Music)

ERA.id - Penyanyi Jaz Hayat akhirnya kembali merilis lagu terbaru berjudul “Move On Tutorial”. Di lagu kali ini, Jaz menggandeng Kaleb J sebagai pencipta lagu. 

Menggandeng Kaleb J, Jaz mengaku proses pembuatan single ini tidak membutuhkan waktu lama. Ia hanya menjalani workshop sekali bersama Kaleb, yang kemudian dilanjutkan dengan proses rekaman, mixing hingga mastering.

Total pengerjaannya memakan waktu satu bulan. Diakui Jaz, dari beberapa lagu ciptaan Kaleb J yang ditawarkan kepadanya, lagu ini langsung membuatnya jatuh cinta. 

“Awalnya, aku ditanya, lagu seperti apa yang sedang aku dengarkan belakangan ini dan aku kasih beberapa judul lagu. Dari situ, mereka menangkap gaya musik seperti apa yang aku suka dan memberikan lagu ini,” kata Jaz dalam siaran yang diterima Era. 

Lalu, kata Jaz, lagu “Move On Tutorial” sedikit mengalami perubahan warna musik dari lagu-lagu sebelumnya. Hal ini lantaran beat yang terdengar menghentak dan terdengar lebih seksi. 

“Musik dan temanya memang aku banget, tapi ada sedikit perubahan dari lagu-lagu yang terdahulu karena beat-nya terdengar seksi dan menghentak,” ujarnya. 

Mengenai kerjasama dengan Kaleb J, Jaz mengatakan hal ini sangat menyenangkan. Dia bisa mendapat teman baru sekaligus menyuguhkan karya yang lebih segar dari sebelumnya. 

“Serunya kerja sama dengan teman baru adalah nuansa segar yang dihadirkan. Treatment audio dan sound-nya terasa lebih modern," terangnya.

Meski berjalan dengan lancar, pria kelahiran Brunei Darussalam itu mengaku sempat mengalami kesulitann. Dia sempat mengalami kendala teknis yang menyebabkan dirinya harus melakukan rekaman secara berulang-ulang. 

Kendala teknis ini pun sempat membuat Jaz lelah dan merusak mood-nya. Namun dia mengatakan hal itu justru menjadi tantangan tersendiri bagi dirinya. 

“Di situlah tantanganku, menjaga mood agar tetap bisa menyanyikan lagu ini dengan baik. Tapi, karena dikelilingi vibe baru, aku jadi merasa senang,” katanya. 

Bukan hanya itu saja, pelantun “Kasmaran” itu juga mengaku banyak belajar tentang hal baru dari pembuatan lagunya. Salah satu hal yang dia pelajari ialah tentang pemilihan lagu hingga pembuatan judul lagu yang terdengar catchy dan unik. 

“Di tengah obrolan kami, aku bisa belajar tentang formula penulisan lagu dan bagaimana pemilihan judul yang catchy dan unik. Ini jelas pengalaman yang berkesan,” imbuhnya. 

Lebih lanjut, Jaz berharap lagu “Move On Turorial” bisa diterima dengan baik oleh pecinta musik Tanah Air. Dia juga berharap bisa kembali naik ke atas panggung dan menggelar konser di tiga negara berbeda, yaitu Indonesia, Malaysia, dan Brunei. 

“Aku berharap, di tahun 2023 nanti, apresiasi terhadap musik akan bisa lebih besar lagi. Menuju ke arah yang lebih baik, sesuai dengan single aku sekarang: move on. Selain itu, aku ingin mewujudkan cita-citaku untuk konser di tiga negara, yaitu Indonesia, Malaysia, dan Brunei. Doakan saja,” tutupnya. 

Rekomendasi