Berpotensi Timbulkan Kontroversi, IU Putuskan Ubah Judul Lagu Baru Seminggu Sebelum Rilis

| 20 Jan 2024 13:55
Berpotensi Timbulkan Kontroversi, IU Putuskan Ubah Judul Lagu Baru Seminggu Sebelum Rilis
IU (Instagram/dlwlrma)

ERA.id - Penyanyi IU memutuskan mengubah judul lagu terbarunya dari "Love wins" mejadi "Love wins all". Perubahan judul ini dilakukan kurang dari sepekan dari jadwal perilisannya.

Pengumuman perubahan judul lagu terbaru IU ini disampaikan oleh agensinya, EDAM Entertainment, pada Jumat (19/1/2024). Agensi mengatakan perubahan dilakukan usai menerima masukan dari pihak yang khawatir judul lagu awal bisa menimbulkan kontroversi.

"Kami ingin menginformasikan judul single IU yang akan dirilis pada 24 Januari pukul 16.00 diganti menjadi 'Love wins all' mulai hari ini," pernyataan agensi dilansir dari Soompi.

"Kami memutuskan mengganti judul untuk menghormati dan mendukung semua orang yang mencintai dengan berbagai cara dan kami menerima pendapat dari mereka yang khawatir pesan indah (dalam lagu) jadi tak jelas karena judulnya," tambahnya.

Agensi berharap dengan digantinya judul lagu tersebut tidak ada pihak yang merasa terluka. Mereka juga berharap pesan dari lagu baru IU ini bisa tersampaikan dengan baik nantinya setelah didengarkan.

"Jika ada satu hal yang benar-benar berlawanan dengan pesan tersebut adalah kata 'kebencian' yang disebutkan secara rinci dalam intro lagu yang dirilis pada 18 Januari. Kami berharap pesan asli dari lagu ini tersampaikan tanpa meninggalkan bekas luka pada siapa pun, karena setiap cinta memenangkan segalanya di dunia tanpa kebencian," jelas agensi.

Sementara itu, sebelumnya ramai di komunitas online Korea Selatan kritikan dan kekecewaan terhadap judul lagu baru IU yang awal, yakni "Love wins". Hal ini karena 'love wins' adalah ungkapan yang biasa dikaitkan dengan LGHBTQ+.

Ini menimbulkan kekecewaan terutama netizen Korea Selatan, karena sebelumnya IU tidak penah mengumumkan ada konteks LGBTQ+ di dalam lagu barunya. Kondisi ini membuat judul lagu itu dianggap queerbaiting, di mana seseorang memberikan isyarat tetapi sebenarnya tidak menggambarkan LGBTQ+.

Rekomendasi