Dituding Plagiat Lagu hingga Dilaporkan ke Polisi, Produser Musik IU Pasang Badan: Itu Hanya Ingin Merusak Reputasi Artis

| 12 May 2023 10:00
Dituding Plagiat Lagu hingga Dilaporkan ke Polisi, Produser Musik IU Pasang Badan: Itu Hanya Ingin Merusak Reputasi Artis
IU plagiat (instagram/dlwlrma)

ERA.id - Kasus dugaan plagiarisme yang menyeret nama IU kian memanas. Produser musik yang menciptakan lagu-lagu yang dituding melakukan penjiplakan pasang badan membela IU. 

Lee Jong Hoon dan Lee Min Soo yang merupakan produser sekaligus pencipta lagu-lagu IU angkat bicara atas pemberitaan yang beredar. Lee Jong Hoon yang merupakan penulis lagu “BBI BBI” mengatakan dirinya bertanggung jawab penuh atas karya yang dinyanyikan IU. 

“Pertama, saya merasa tidak enak karena mereka memilih target yang salah untuk tuduhan plagiarisme. Hak cipta (kekayaan intelektual) milik penulis lagu dan bukan penyanyi. Bahkan jika Anda menuntut atau menuduh seseorang, Anda seharusnya mengajukannya kepada saya, sang penulis lagu,” kata Lee Jong Hoon di Instagram pribadinya. 

Lalu, Lee menjelaskan terkait tuntutan plagiarisme yang menyeret nama IU. Menurutnya tuduhan tersebut merupakan kejahatan pribadi yang tidak memiliki efek hukum apapun terhadap pihak ketiga, yaitu IU. 

Akan tetapi pelapor dalam kasus ini justru menyeret nama IU dan menuduhnya melakukan penjiplakan lagu ke kantor polisi Gangnam, Seoul. Atas tindakan pelapor, Lee Jong Hoon menilai hal itu hanya untuk merusak reputasi IU saja sebagai seorang penyanyi. 

“Saya pikir ini jelas menunjukkan bahwa itu hanya dimaksudkan untuk menggores reputasi artis daripada memiliki konsekuensi hukum,” tegasnya. 

Kemudian Lee menjelaskan proses kreatif dari pembuatan lagu “BBI BBI” yang dibawakan IU. Menurutnya, ia mengerjakan lagu itu sendiri dan tidak menjiplak karya manapun seperti yang dituduhkan. 

Lee menekankan lagu “BBI BBI” memiliki perbedaan dan keunikan yang bisa didengarkan lewat progresi akord, set-up lagu, instrumen dan aspek pengaturan lainnya.

Sementara itu, penulis Lee Min Soo yang berada di balik lagu “Good Day” dan “The Red Shoes” juga membantah tuduhan plagiarisme tersebut. Lee Min Soo menyinggung tentang lagu “The Red Shoes” yang sempat menjadi perbincangan publik di tahun 2013. 

Saat itu, karya ciptaannya dituduh meniru lagu “Here's Us" milik band Jerman, Nekta. Lee Min Soo saat itu juga membantah telah melakukan plagiat karya orang lain. 

“Saya belum berbicara tentang “The Red Shoes” sejak siaran pers tahun 2013 yang saya bantah bahwa itu adalah plagiat. Tetapi karena kontroversi baru-baru ini dan kebencian yang tidak beralasan terhadap artis tersebut, saya dengan hati-hati menulis kepada Anda,” kata Lee Min Soo. 

Lee Min Soo kemudian membantah tuduhan pelapor atas kasus dugaan plagiarisme untuk lagu “Good Day” dan “The Red Shoes”. Dia menegaskan dirinya tidak menjiplak karya siapapun seperti yang dituduhkan. 

Selain itu, Lee Min Soo juga meminta agar publik tidak menyakiti hati penggemar, terutama IU sebagai artis yang membawakan lagu yang dituduhkan tersebut. 

“Saya tidak mendasarkan atau menyalin musik orang lain saat mengerjakan “The Red Shoes” dan "Good Day". Saya sebagai produser The Red Shoes and Good Day meminta agar kalian tidak menyakiti hati fans dan khususnya IU,” katanya. 

Lebih lanjut, penulis Lee Jong Hoon dan Lee Min Soo menekankan mereka akan siap memberi kesaksian dan meluruskan kontroversi yang menyeret nama IU tersebut. 

“Jika diperlukan, saya akan dengan senang hati melakukan penjelasan dan berpartisipasi dalam proses hukum untuk meluruskan kesalahpahaman dan memperbaiki situasi,” ujar Lee Jong Hoon. 

“Ini tidak hanya berasal dari tekad kuat saya untuk melindungi ciptaan saya sendiri tetapi juga untuk membantu lingkungan kreatif dari penulis lagu lain yang ada berkembang dengan cara yang lebih diinginkan,” tutupnya. 

Diketahui sebelumnya EDAM Entertainment, agensi yang menaungi IU mengatakan pihaknya baru tahu tentang laporan dugaan penjiplakan dari pemberitaan media. Agensi mengklaim belum bisa menanggapi hal tersebut karena sedang dalam tahap pemeriksaan berkas perkara. 

Akan tetapi agensi memastikan siap menempuh jalur hukum atas informasi palsu yang menyebar dan menyeret nama IU. 

“Agensi kami bermaksud untuk melanjutkan dengan tindakan hukum yang kuat tanpa keringanan hukuman dalam kasus di mana tindakan kriminal. Seperti sudah berulang kali memposting konten yang memfitnah dan jahat, atau memproduksi informasi palsu terhadap artis," kata EDAM Entertainment. 

Sebelumnya seorang warga Korea Selatan mengajukan gugatan yang menuduh IU telah menjiplak karya artis lain. Gugatan itu memuat enam lagu yang dituding menjiplak termasuk "A Good Day", "Celebrity", "BOO", "Pitiful", "The Red Shoes", dan "BBI BBI".

Tags : IU iu plagiat
Rekomendasi