Mau Sukses jadi Musisi Jazz? Begini Tipsnya

| 05 Jul 2024 18:30
Mau Sukses jadi Musisi Jazz? Begini Tipsnya
Ilustrasi musisi jazz (Unsplash)

ERA.id - Bagi yang menyukai genre musik jazz dan ingin berkecimpung di industrinya, ada salah satu cara mudah yang bisa dilakukan. Hal ini diungkapkan oleh Direktur PT Jazz Gunung Indonesia, salah satu promotor acara musik jazz, Bagas Indyatmono.

Bagas mengatakan cara mudah untuk mulai berkarier sebagai musisi musik jazz adalah dengan menghadiri jam session atau event musik jazz. Berbagai kota di Indonesia saat ini sudah banyak digelar jam session yang biasanya diadakan oleh musisi  jazz setempat. 

“Hal yang termudah datang ke jam session, karena tiap kota sekarang sudah ada jam session musik jazz, yang biasanya musisi-musisi jazz yang bikin,” ungkap Bagas Indyatmono saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, pada Kamis (4/7/2024). 

Bagas menyarankan untuk datang dahulu ke jam session dan pelajari. Jika memang suka dan bisa bermain musik jazz, mulailah untuk ikut serta menjadi pengisi jam session tersebut. 

“Datang dulu, tertarik, dan kalau memang bisa main musiknya, ikut jam sessionnya,” tuturnya. 

Selain mudah diakses, mengikuti jam session untuk terjun industri musik jazz juga merupakan cara yang murah. Ini lantaran jam session biasanya digelar secara gratis, yang tentunya sangat cocok bagi para pemula yang ingin merintis karier. 

“Itu caranya yang termudah dan termurah, karena jam session itu biasanya gratis, free to all, paling kalau tempatnya di cafe ya belanja saja kopi atau apa. Itu cara termudah bagaimana kita bisa terekspos dengan musik jazz itu sendiri,” pungkas Bagas Indyatmono. 

Rekomendasi