Izinkan Israel Ikut Serta, K-Pop World Festival Tuai Seruan Boikot

| 10 Jul 2024 21:20
Izinkan Israel Ikut Serta, K-Pop World Festival Tuai Seruan Boikot
Seruan Boikot K-Pop World Festival (Twitter)

ERA.id - Acara K-Pop World Festival 2024 mendapat seruan boikot dari para penggemar K-Pop secara global. Seruan boikot ini dilontarkan setelah acara tersebut mengizinkan Israel sebagai peserta, yang merupakan bagian kerja sama Kedutaan Besar Republik Korea di Israel.

Seruan boikot tersebut salah satunya diserukan oleh akun X @stepout_speakup. Akun itu mengajak para penggemar K-Pop untuk boikot acara tersebut karena mengikutsertakan Israel negara yang melakukan genosida. 

“Please boikot KBS K-Pop World Festival karena mengizinkan individu dari Israel untuk berpartisipasi dan mengundang mereka untuk tampil di televisi nasional Korea. Zionisme semakin hari semakin memaksa ke industri K-Pop. Mohon jangan biarkan hal ini terus berlanjut,” tulis akun tersebut. 

Pada cuitannya, akun itu juga menyertakan dua poster mengenai audisi untuk K-Pop World Festival di Israel. Poster tersebut dibuat langsung oleh Kedutaan Besar Republik Korea di Israel.

Pada poster disebutkan bahwa K-Pop World Festival 2024: Israel Preliminary akan berlangsung pada 15 Juli 2024. Kompetisi ini menjadi bagian dari Festival Korea tahunan dan akan diadakan di Auditorium Smolarz, Tel Aviv University.

“Ini adalah kesempatan Anda untuk mewakili Israel di K-Pop World Festival 2024 yang akan berlangsung di Changwon, Korea,” isi poster. 

Melihat rencana audisi yang diadakan di Israel ini penggemar K-Pop murka dan menaikkan tagar. Mereka mendesak KBS TV sebagai salah satu penyelenggara untuk menghapus Israel dari daftar peserta acara tersebut karena dinilai bisa semakin mempromosikan propaganda yang negara tersebut lakukan. 

“Kami meminta @KBSWorldTV untuk memutus hubungan dengan zionis dan menghapus Israel dari daftar kontestan di K-Pop World Festival 2024. #NoArtWashinginKPop #KPopFestivalOutWithZionism” tegas penggemar K-Pop.  

Tak hanya itu, para penggemar K-Pop juga mengawal para grup idola mereka untuk tidak turut berpartisipasi pada acara itu. Pada tahun sebelumnya beberapa grup K-Pop ikut acara itu adalah RIIZE, aespa, Stray Kids, Somi, ATEEZ, Red Velvet, ITZY, TXT, Dreamcatcher, THE BOYZ, dan Kep1er. 

Rekomendasi