Konser Outdoor Berjarak untuk Para Penikmat Musik di Masa New Normal

| 18 Aug 2020 12:36
Konser Outdoor Berjarak untuk Para Penikmat Musik di Masa New Normal
Virgin Money Unity Arena (CNN)

ERA.id - Di banyak bagian dunia, virus korona tampaknya telah mereda ke tingkat di mana PSBB atau lockdown dicabut dan orang-orang akhirnya dapat melakukan aktivitas sosial lagi, tentunya dengan protokol kesehatan seperti memakai masker, faceshield, dan menjaga jarak.

Inggris menghadirkan kembali konser live music dengan format berbeda yang dirancang khusus untuk menegakkan aturan jarak fisik 2 meter tapi tetap memungkinkan orang berkumpul dan berdansa tetap dengan menerapkan prinsip jaga jarak.

Arena konser Virgin Money Unity Arena adalah venue yang dibangun di Gosforth Park, Newcastle upon Tyne. Gosforth Park adalah area hijau luas yang mencakup sejumlah venue, yaitu Newcastle Racecourse, Britannia Hotel, beberapa lapangan golf, taman, pusat sepak bola, dan sekarang arena konser pertama dengan konsep menjaga jarak.

Tempat konser tersebut memiliki luas 45.000 meter persegi dan memiliki 500 ruang tontonan yang disebut dengan pod. Setiap ruang dapat ditempati hingga 5 orang, sehingga jumlah orang di venue menjadi 2.500 orang.

Virgin Money Unity Arena

Virgin Money Unity Arena (CNN)

Saat membeli tiket, pengunjung akan menempati pod berukuran sekitar empat meter persegi yang bisa diisi sekitar 3-5 orang dalam satu kelompok. Tiap pod akan diberi jarak dua meter. Para pengunjung dalam satu pod adalah mereka yang bersaudara atau berteman. Kelompok dalam satu pod dilarang berpindah-pindah.

Setiap pod juga disediakan kursi. Penyelenggara juga menyiapkan sistem pemesanan makanan dan minuman, sehingga tidak perlu mengantri karena pengunjung harus memesan lewat aplikasi dan akan diantar.

Virgin Money Unity Arena (CNN)
Virgin Money Unity Arena (CNN)

Adalah musisi Sam Fender yang menggelar konser di Virgin Money Unity Arena pada tanggal 11 dan 13 Agustus. Dalam konser bertajuk "Hypersonic Missiles" itu, tiketnya terjual habis.

Bukan cuma Fender, musisi lain asal Inggris seperti Patrick Topping, Superglass, dan Libertines juga akan tampil. Selain musik, komedian Adam Kay dan Jimmy Carr juga akan tampil di panggung akhir bulan ini.

“Kami senang dapat berperan dalam menghadirkan kembali acara musik live saat kami mulai keluar dari lockdown,” kata direktur pemasaran Virgin Money, Helen Page, seperti dikutip dari CNN, Selasa (18/8/2020). 

Tapi, Virgin Money Unity Arenabukan tempat konser berjarak sosial pertama di dunia karena ada sejumlah konser yang dilakukan dari rumah di mana jarak sosial diberikan, dan ada juga sejumlah konser drive-in di seluruh dunia di mana orang akan datang dengan mobil mereka dan menikmati konser seperti yang biasa dilakukan orang dengan film drive-in.

Namun, tampaknya Virgin Money Unity Arena adalah arena konser pertama yang mengusung konsep outdoor dimana pengunjung masih bisa sing along, berjoget dan memesan bir sambil menikmati musik. Sebuah atmosfer yang dirindukan para penikmat musik selama musim pandemi ini.

Tags : konser
Rekomendasi