Resmi Debut, STAYC "So Bad" Pecahkan Rekor Penjualan Tertinggi Tahun Ini

Tim Editor

STAYC (Foto: Instagram/@stayc__sieun)

ERA.id - STAYC telah melakukan debut perdananya yang ditunggu-tunggu pada 12 November lalu. Girl band baru ini ternyata sudah memiliki penjualan lagu tertinggi di tahun ini. 

Sudah kurang dari sehari sejak lagu debut STAYC "So Bad" dirilis. Tetapi grup ini berhasil memecahkan rekor. Dengan lebih dari 4.300 penjualan, mereka memiliki rekor penjualan debut hari pertama tertinggi untuk girl grup 2020 mana pun. 

Selain itu, STATYC juga satu-satunya girl grup rookie 2020 yang debut di 20 teratas waktu nyata Bugs dan grafik waktu nyata Genie. Dilansir dari Koreaboo pada Jumat (13/11/2020), inilah cara mereka hingga berhasil menduduki penjualan lagu teratas:

1. Produsen mereka

STAYC (Foto: Instagram/@stayc__sieun)

Sementara grup rookie paling populer biasanya berasal dari agensi besar. STAYC sebenarnya adalah grup pertama yang debut di bawah perusahaan baru — High Up Entertainment. Anak perusahaan CJ E&M, High Up Entertainment dibentuk pada 2017 oleh duo produksi legendaris Black Eyed Pilseung.

Meskipun kamu mungkin belum pernah mendengar namanya sebelumnya. Pasti kamu pasti pernah mendengar beberapa lagu mereka. Anggota Rado dan Choi Kyu Sung dan otak di balik lagu "Likey", "Cheer Up", dan "Fancy" dari TWICE dan masih banyak lagi. 

Dengan produser terkenal di balik mereka. Lagu yang menarik pastinya membantu mendorong mereka naik tangga lagu, seperti halnya hubungan STAYC dengan tim produksi terkenal.

2. Anggota terkenal 

Produser STAYC bukanlah satu-satunya yang sudah terkenal. Dua dari anggota mungkin juga sudah memiliki pengikut sendiri karena mereka dulunya adalah aktris yang sukses.

Yang pertama adalah Sieun, vokalis utama STAYC. Sebelum bergabung dengan grup, dia adalah seorang aktris dan trainee idola di bawah JYP Entertainment. Baru-baru ini, Sieun muncul di JTBC's Mystic Pop-Up Bar, SBS's Still 17, dan banyak lagi.

Vokalis lain dalam grup (dengan nama yang sangat mirip) juga seorang aktris Seeun. Selain itu, Seeun pernah menjadi trainee di bawah Play M Entertainment dan menjadi bagian dari grup pra-debut yang akhirnya menjadi Weeekly.

3. Orang tua yang terkenal

STAYC (Foto: Instagram/@stayc__sieun)

Ada juga banyak orang yang melihat debut STAYC karena ayah Sieun terkenal. Dia adalah putri dari penyanyi terkenal dan mantan aktor Park Nam Jung. Park Nam Jung yang berusia 54 tahun memulai debutnya pada tahun 1988, dan dikenal menciptakan kegemaran menari yang disebut "tarian L" di waktu yang sama.

Saat ini di bawah NJP Entertainment, dia merilis mini album dan muncul di Singderella pada beberapa tahun lalu. Sekarang, Sieun menggunakan bakat lahirnya untuk mengikuti jejaknya.

4. Video pra-debut mereka

Dalam beberapa minggu sebelum grup debutnya, STAYC mengumpulkan jutaan penayangan dengan dua video YouTube yang inovatif. 

Yang pertama adalah cover medley vokal di mana para anggota menyanyikan beberapa lagu hit terbesar seolah-olah mereka berasal dari agensi lain. Mereka mengubah "Psycho" Red Velvet, misalnya menjadi gaya YG Entertainment dengan 1,6 juta penayangan hingga saat ini.

Yang kedua adalah medley cover dance yang saat ini ditonton lebih dari 1,1 juta kali. Selain menangani beberapa koreografi yang paling disukai, anggota STAYC juga bersepeda melalui beberapa tampilan seragam sekolah paling populer dalam sejarah K-Pop.

5. Bakat, visual, dan kepribadian yang menggemaskan

STAYC (Foto: Instagram/@stayc.baesumin)

Terakhir, tidak ada keraguan bahwa bakat, visual, dan kepribadian STAYC adalah bagian besar dari kesuksesan mereka yang terus berkembang. Semua anggota dianggap sebagai bagian dari garis vokal grup, yang menjelaskan betapa hebatnya suara mereka di "So Bad".

Selain itu, banyak penggemar awal yang memperhatikan betapa cantiknya para anggota. Tampaknya anggota garis maknae 16 tahun Yoon dianggap visual utama, tetapi setiap anggota memiliki pesona indah mereka sendiri. Yang terpenting adalah mereka berhasil memikat publik dengan kepribadiannya yang menggemaskan.

Tag: k-pop

Bagikan: