Tercium Aroma Diskriminatif, Netizen Ramai-Ramai Kecam MAMA 2020

| 09 Dec 2020 10:45
Tercium Aroma Diskriminatif, Netizen Ramai-Ramai Kecam MAMA 2020
MAMA 2020 (Instagram)

ERA.id - Ajang penghargaan bergengsi tahunan, Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2020 menuai kecaman usai kedapatan melakukan tindakan diskriminasi antar idol dan aktor selama acara berlangsung. 

Pada 6 Desember 2020 CJ ENM resmi menggelar penghargaan MAMA 2020 tanpa kehadiran penonton. Acara yang diadakan selama pandemi ini turut dihadiri oleh sejumlah idol Kpop maupun deretan aktor bergengsi. 

Sayangnya kesuksesan dan panggung megah yang disajikan oleh Mnet malam itu berbanding terbalik dengan kenyataan. Sebuah laporan dari media Dispatch menyebut ada perlakuan berbeda antara idol Kpop dan aktor yang datang pada malam itu. 

Dispatch melaporkan pada Selasa (8/12/2020) tentang para aktor yang hadir sebagai pembawa acara dan penghargaan diberikan ruang tunggu khusus dengan fasilitas makanan dan minuman. Dalam laporan itu disebut hanya ada dua grup idol yang menerima fasilitas yang sama, sisanya menunggu di ruang parkir dan di dalam mobil.  

Bukan hanya itu saja toilet yang digunakan oleh para idol Kpop juga hanya sebatas toilet portable di luar ruangan. Hal ini menyebabkan sejumlah idol menyewa akomodasi (hotel) lain di sekitar lokasi dibandingkan harus menunggu berjam-jam di dalam mobil. 

Seorang sumber dari salah satu grup mengatakan banyak penyanyi yang kesulitan menunggu di dalam mobil selama berjam-jam. 

“Sangat sulit bagi mereka untuk duduk lama di dalam mobil. Beberapa penyanyi menyewa akomodasi terpisah dan menunggu di sana,” kata seorang sumber kepada Dispatch, Rabu (9/12/2020). 

Tak sampai di situ saja, diskriminasi dari pihak Mnet dan CJ ENM kian berlanjut dengan sajian makan malam berupa ketering yang diterima para aktor. Di mana aktor yang berda di dalam ruang bisa bebas menikmati makanan dengan nyaman, sedangkan para idol harus menikmati makanannya dari dalam mobil. 

Lebih parahnya lagi kata seorang sumber yang bekerja dengan idol baru mengetahui ada katering makan malam lewat unggahan salah seorang aktor pada malam itu. 

“Kami mengetahui bahwa ada katering saat kami melihat foto yang diunggah oleh aktor,” katanya. 

Keadaan ini kian memburuk usai para fans mengunggah kebenaran perlakuan diskriminasi Mnet dan CJ ENM ke para idol. Di mana hal ini dibuktikan lewat sebuah foto Taeyong NCT yang melakukan make up dari dalam mobil. Di sisi lain banyak idol yang menunggu di samping mobilnya hanya dengan memakai jaket tebal dikarenakan kondisi Korea Selatan sedang memasuki musim dingin.

“Beberapa idola sensitif terhadap cuaca dingin, beberapa bahkan memiliki masalah kesehatan, saya tidak percaya omong kosong ini,” tulis seorang penggemar. 

“Bayangkan kita menonton pertunjukan 6 jam dan idola kita menunggu dalam kedinginan selama ini, mama gila !!!” komentar yang lainnya. 

“TXT bahkan harus merekam pesan terima kasih mereka di tempat parkir, wth. Aku tidak percaya mereka membiarkan idola membeku,” tulis yang lainnya. 

Selain itu sejumlah idol seperti BTS, NCT, hingga TWICE harus memakai masker saat menerima penghargaan. Sedangkan pembaca penghargaan seperti Kang Ha Na dan Park Seo Joon tidak memakainya. 

Tindakan ini pun mengarah pada aturan pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan dan jaga jarak selama acara. Selain itu banyak fan menuding Mnet tidak punya banyak ruangan yang cukup untuk menampung seluruh pengisi acara. 

Rekomendasi