Dari Ratusan Lagu Miliknya, 4 Lagu Ini Paling Disukai Rhoma Irama

| 10 Dec 2020 17:15
Dari Ratusan Lagu Miliknya, 4 Lagu Ini Paling Disukai Rhoma Irama
Rhoma Irama (Twitter @rhoma_official)

ERA.idRhoma Irama punya ratusan lagu yang sudah dinyanyikannya. Diantara lagu-lagu tersebut, ada 4 judul yang paling berkesan. Lagu-lagu tersebut memiliki kesan besar karena proses penciptaan dan perilisannya membuat gejolak di masyarakat. 

Ditemui di Studio Soneta di kawasan Depok, Jawa Barat, Selasa (8/12), Raja Dangdut menceritakan lagu yang paling berkesan baginya.  

1. Laillaha Illallah 

Lagu Laailaahailallah yang termuat dalam album soundtrack film Raja Dangdut pertengahan tahun 1979. "Saat lagu ini dirilis, saya dipanggil untuk melakukan klarifikasi dari menteri penerangan msapai MUI saat itu," kenang Rhoma Irama. 

Lagu ini memang cenderung "berani" karena memasukkan surat Al ikhlas di awal lagu dan selanjutnya melagukan terjemahan sebagai liriknya. Selama ini memang belum pernah ada yang berani memasukkan ayat Alquran ke dalam sebuah lagu, meski qasidah atau gambus sekalipun

Keberanian Rhoma ini tak pelak mengundang pro kontra, bahkan KH Syukri Gozali, Ketua MUI saat itu sempat mengeluarkan pernyataan bahwa haram hukumnya membawakan ayat suci Alquran ke dalam sebuah lagu, apalagi dangdut yang kadung sebagai pengiring joget.

Setelah 'disidang' MUI, lagu ini disebut tak bermasalah. Justru Rhoma disarankan melanjutkan dakwah melalui lagu. Rhoma makin mantap mendaklarasikan Soneta sebagai sound or voice of muslim usai lagu ini. 

2. Rupiah

"Lagu ini bicara tentang Indonesia. Sempat dipanggil karena dipermasalahkan oleh menteri penerangan dulu untuk klarifikasi lagi. Lagu Indonesia yang ada syairnya yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin. Saya diminta menjelaskan," papar Rhoma Irama. 

3. Judi 

"Lagu ini persiapannya cukup panjang. Dari observasi bagaimana judi diperlakukan saat itu," kenang Rhoma Irama.

4. Begadang 

"Saya nggak menduga laku ini akan meledak ketika dipasarkan. Lagunya bahkan sampai dibuat versi India dan beberapa negara lain juga," Rhoma Irama

Rekomendasi