Inilah Rookie di Dunia K-Pop yang Sayang Dilewatkan, Siapa Saja Mereka?

Tim Editor

Para idola K-pop debut di tengah pandemi COVID-19

ERA.id - Pandemi COVID-19 selama hampir sembilan bulan terakhir tak menjadi halangan sederet anak muda Korea Selatan meraih asa menyandang status idola K-pop pendatang baru alias rookie.

Sebagian dari mereka benar-benar baru menginjakkan kaki di dunia industri K-pop, sementara sosok-sosok lainnya pernah merasakan hangat dan dinginnya dunia musik yang perlahan mengglobal itu.

Di antara idola rookie ini ada yang sebelumnya menjadi peserta pelatihan di agensi hiburan dan harus melewati perjalanan melalui audisi pencarian bakat agensi atau stasiun televisi.

Tak hanya para pendatang baru, hadir sosok yang sebelumnya tampil dalam grup lalu menjajal kemampuan sebagai solois dan cukup mencuri perhatian pecinta K-pop.

Siapa saja mereka? berikut sedikit ulasannya seperti ANTARA rangkum dari berbagai sumber:

ENHYPEN

Grup beranggotakan Heeseung, Jay, Sunghoon, Jake, Sunoo, Jungwon dan Ni-ki ini cukup populer di Indonesia selama pembentukannya melalui program audisi "I-LAND". Jake bahkan meraih suara terbanyak dari penggemar di negeri kepulauan ini.

ENHYPEN resmi terbentuk pada babak final "I-LAND" yang berakhir pada 18 September lalu. Ketujuh personelnya harus bersaing dengan 15 peserta pelatihan lainnya yang terpilih melalui audisi dari agensi Big Hit Entertainment.

Pada babak final yang dihadiri grup Bangtan Sonyeondan (BTS) , SEVENTEEN danTomorrow X Together (TXT) itu, Jungwon menjadi peserta dengan perolehan suara tertinggi sementara Sunoo menjadi satu-satunya yang dipilih produser untuk melengkapi ENHYPEN, menyingkirkan K dan Daniel.

Tiga bulan berselang, ENHYPEN bernaung di bawah agensi Belift Lab resmi debut di bawah pimpinan Jungwon pada 30 November 2020 melalui album "BORDER: DAY ONE" dengan lagu utama "Given-Taken".

Album debut mereka ini mencatatkan hasil positif, salah satunya menduduki peringkat pertama di tanggal album iTunes Jepang, dan berada di posisi lima teratas iTuns 34 negara lain. Walau sebagian orang berpendapat lagu utama mereka kurang mantap.

Sebelum debut yakni pada Oktober 2020, mereka mengumumkan nama klub penggemar bernama ENGENE. Menurut ENHYPEN, nama ini memiliki dua makna yakni penggemar adalah mesin atau engine yang membantu mereka tumbuh dan maju serta penggemar berbagi DNA yang sama untuk terhubung, berkembang dan tumbuh bersama ENHYPEN.

Sebulan setelah debut, sejauh ini, mereka sudah mengantongi penghargaan musik "Next Leader" di The Fact Music Awards (TMA) 2020.

Kai

Pria bernama lengkap Kim Jongin yang sebelumnya populer bersama grup idola K-pop EXO ini akhirnya menjajal dunia solois, mengikuti jejak rekannya di grup yakni Baekhyun, Suho, Chen dan Lay.

Kai resmi debut melalui mini album "KAI" yang menghadirkan "Mmmh" sebagai lagu utama pada 30 September 2020. Walau sempat merasa canggung karena harus tampil solo, namun dia juga bersemangat.

Sehari setelahnya, album ini menduduki peringkat pertama tanggal album iTunes di 50 negara termasuk Indonesia. "KAI" juga berada di posisi puncak untuk kategori penjualan album digital versi QQ Music China, KuGou Music dan Kuwo Music.

Pada 10 Desember lalu, lagu "Mmmh" yang bergenre R&B pop akhirnya berada di posisi nomor wahid "Download Chart" versi Gaon.

Kai memulai debutnya pada tahun 2012 sebagai penari utama EXO, yang awalnya diperkenalkan melalui lagu dan video musik "MAMA", "History" dan "What is Love". Dia mendapatkan perhatian publik terutama para penggemar atau EXO-L karena keterampilan menarinya yang memukau.

Selain EXO, dia juga penari utama di SuperM yakni grup proyek SM Entertainment bersama Taemin SHINee, Mark, Taeyong, Lucas dan Ten NCT serta Baekhyun.

Terlepas dari karir bermusiknya, Kai juga muncul di beberapa acara televisi Korea Selatan dan drama web. Belum lama ini dia juga tampil dalam acara peluncuran mobil Hyundai Tucson.

Aespa

Grup wanita besutan SM Entertainment, aespa memulai karir mereka di industri K-pop pada 17 November 2020 melalui single dan video musik "Black Mamba".

Dalam 24 jam, video musik mereka sudah ditonton sekitar 21 juta pengguna YouTube, menjadikan sejarah baru di antara para idola K-pop yang baru debut. Mereka mengalahkan grup ITZY dengan raihan 17,1 juta kali tayang untuk video musik debut "DALLA DALLA" dan TXT "Crown" yang ditonton 15,1 juta kali.

Nama aespa berasal dari kata bahasa Inggris yakni "avatar, experience dan aspect" yang bermakna bisa bertemu diri sendiri melalui avatar dan dunia baru.

Sementara untuk nama klub penggemar, aespa memilih "MY" yang berarti "Teman berhargaku atau my precious friend".

Grup beranggotakan empat personel yakni Karina, Winter, Giselle dan Ningning ini diterima perusahaan melalui dua cara berbeda. Giselle satunya-satunya yang terpilih melalui audisi terbuka, sementara sisanya dipilih manager casting yang awalnya mereka kira penipu.

DRIPPIN

Grup idola K-pop DRIPPIN dari agensi Woolim Entertainment debut pada 28 Oktober 2020 melalui mini album "Boyager", dengan "Nostalgia" sebagai lagu utama.

Kurang dari sebulan berselang, mereka mengeluarkan video musik "Shine", yang masih menjadi bagian dari album grup.

Grup ini beranggotakan tujuh personel dan enam di antaranya pernah berpartisipasi dalam ajang pencarian grup idola "Produce X 101" yakni Cha Jun-ho, Hwang Yun-seong, Joo Chang-uk, Kim Dong-yun, Lee Hyeop dan Kim Min-seo, sementara satu satu personel lainnya bernama Alex.

Jun-ho pernah debut bersama X1 walau harus hengkang dari grup itu sebelum masa kontrak berakhir karena kasus kecurangan perhitungan suara yang dilakukan pihak penyelenggara "Produce X 101".

DRIPPIN yang dipimpin Yun-seong menjadi grup pria pertama Woolim sejak Golden Child debut pada Agustus 2017 dan INFINITE pada tahun 2010. Relatif berbeda dari grup idola pendatang baru lainnya, mereka belum mengumumkan nama klub penggemar resmi.

P1Harmony

Grup di bawah naungan agensi FNC Entertainment itu debut pada 28 Oktober 2020 melalui mini album "DISHARMONY: STAND OUT" dengan lagu utama "SIREN" yang dimaknai sinyal kedatangan mereka ke indusri K-pop.

Mereka beranggotakan enam personel yakni Keeho, Theo, Jiung, Intak, Soul dan Jongseob. Sebelum debut, mereka meluncurkan film berjudul "P1H: The Beginning of a New World"

WEi

​​​​​​​WEi beranggotakan Kim Yo-han, Kang Seok-hwa, Yoo Yong-ha, Kim Dong-han, Kim Jun-seo dan Jang Dae-hyeon, yang sebelumnya sudah punya pengalaman berkarir di industri musik K-pop.

Yo-han sebelumnya bergabung dalam grup X1 hasil ajang pencarian idola "Produce X 101" namun kini sudah bubar, Dong-han pernah mengikuti ajang serupa "Produce 101" musim kedua lalu debut bersama grup JBJ.

Personel lainnya, Dae-hyeon dulu bersama grup RAINZ, lalu Seok-hwa sebelumnya menjadi peserta pelatihan di JYP Entertainment dan peserta ajang "YG Treasure Box". Sementara Yong-ha dan Jun-seo bernaung di bawah grup 1THE9.

Mereka yang bernaung di bawah agensi OUI Entertainment ini bergabung dan resmi debut pada 5 Oktober 2020 melalui mini album "IDENTITY: First Sight" dengan lagu utama "Twilight" yang hadir juga dalam versi video musiknya.

Untuk album debut mereka, para personel ikut turun tangan. Pemimpin grup Dae-hyun ikut serta dalam pembuatan lirik lagu utama itu bersama Hui PENTAGON. Dia juga memproduksi lagu lain yakni "Fuze" bersama Seok-hwa yang bertugas menulis lirik.

Sementara itu, Yo-han ikut menulis lirik lagu "Doremifa", Yong-ha berpartisipasi menulis lirik "Timeless" dan Jun-seo bersama Dae-hyun serta Dong-han menulis lirik "Hug You".

WEi pada 9 November lalu resmi mengumumkan "RUi" (dibaca Are you I?) sebagai nama klub penggemar mereka

GHOST9

Agensi MAROO Entertainment akhirnya meluncurkan grup idola mereka, GHOST9 pada 23 September 2020 melalui lagu utama "Think of Dawn" yang termasuk dalam mini album "PRE EPISODE 1: DOOR".

GHOST terdiri dari sembilan personel yang beberapa dari mereka bukan wajah asing untuk pecinta ajang pencarian grup idola Korea Selatan.

Kesembilan personel ini yakni Hwang Dong-jun, Shin, Choi Jun-seong, Lee Kang-sung, Song Jun-hyung, Prince lalu Lee Woo-jin, Lee Jin-woo dan Lee Tae-sung yang pernah ikut serta dalam "Produce X 101" dan personel grup TEEN TEEN.

Tiga bulan berselang setelah debut atau pada 10 Desember lalu, GHOST9 membuat comeback melalui mini album kedua, "PRE EPISODE 2: W.ALL.

TREASURE

​​​​​​​Grup di bawah agensi YG Entertainment ini resmi memulai debut pada 7 Agustus 2020, setelah melewati audisi televisi "YG Treasure Box" setahun sebelumnya.

TREASURE yang beranggotakan 12 personel yakni Bang Ye-dam, Haruto, Kim Doyoung, Choi Hyun-suk, Park Ji-hoon, So Jung-hwan, Park Jung-woo, Yoshi, Kim Junkyu, Mashiho, Yoon Jae-hyuk dan Asahi ini menjadi grup terbaru YG dalam empat tahun sejak debut BLACKPINK pada tahun 2016. Ada dua pemimpin dalam grup ini yakni Hyun-suk dan Ji-hoon.

Mereka memulai karir di dunia K-pop melalui single album "The First Step: Chapter One" dengan lagu utama "Boy" yang bernuansa electronic dance tentang laki-laki jatuh cinta. Bagin rap lagu utama ini diciptakan Hyun-suk, Yoshi dan Haruto.

Album ini mendulang prestasi. Pada 13 Agustus, Hanteo Chart mencatatkan "The First Step: Chapter One" sebagai album terbanyak yang terjual oleh grup pendatang baru.

Tak hanya album, lagu "Boy" juga membuat senyum untuk TREASURE setelah mencapai nomor satu di tangga lagu iTunes Top Songs di 19 negara termasuk Indonesia. Video musik lagu ini sudah melampaui 6 juta penayangan di YouTube kurang dari 15 jam setelah dirilis.

TREASURE yang pada September lalu melakukan comeback melalui lagu "I Love You" diikuti single "MMM" menjadi grup pendatang baru pria terbaik di MAMA 2020 dan 10 teratas pilihan penggemar seluruh dunia dalam ajang yang sama.

WEEKLY

​​​​​​​Grup beranggotakan Soojin, Jiyoon, Monday, Soeun, Jaehee, Jihan dan Zoa ini memulai langkah di industri K-pop pada 30 Juni 2020 melalui album "We are" dengan lagu utama "Tag Me".

Belum setahun debut, mereka sudah memenangkan penghargaan di Melon Music Awards (MMA) 2020 untuk kategori "Best New Artist" dan "Next Leader" di The Fact Music Awards (TMA) 2020.

CRAVITY

Caption

 

​​​​​​​CRAVITY yang bernaung di bawah agensi Starship Entertainment debut pada 14 April 2020 melalui album "CRAVITY HIDE OUT: REMEMBER WHO ARE WE" dengan lagu utama "Break All the Rules".

Junior grup MONSTA X itu beranggotakan sembilan personel yakni Serim (sebagai pemimpin), Allen, Woobin, Taeyoung, Seongmin dan empat orang yang pernah mengikuti ajang "Produce X 101" yakni Jungmo, Wonjin, Kang Min-hee dan Song Hyeong-jun. Min-hee dan Hyeong-jun sebelumnya bergabung dengan grup X1.

Pada September lalu mereka melalui rilisan terbaru yakni "CRAVITY SEASON 2 HIDEOUT: THE NEW DAY WE STEP INTO" menduduki peringkat pertama tangga lagu untuk penjualan album mingguan (24-30 Agustus) di Jepang, padahal sebenarnya belum melakukan debut resmi di negeri sakura itu.

Album ini dirilis pada 24 Agustus dengan "Flame"sebagai lagu utama yang membawa mereka meraih penghargaan pertama di acara musik Korea Selatan, "The Show" pada pekan pertama September.

Belum setahun debut, CRAVITY juga mendulang prestasi lain antara lain "Best Male Artist" di Melon Music Awards (MMA) 2020, "Potential Singer" di ASIA Artist Awards (AAA) 2020 dan "Best Next" pada perhetalan MAMA 2020.

Tag: k-pop kpop korea selatan

Bagikan: