Bukan Iwa K, Ternyata Inilah Sosok Penyanyi Rapper di Lagu 'Kera Sakti' Sun Go Kong

Tim Editor

Kera sakti (Ist)

ERA.id - Generasi 90-an pasti sudah tidak asing dengan serial televisi Kera Sakti yang melegenda pada masanya. Serial yang menceritakan perjalanan Sun Go Kong bersama guru dan kedua sahabatnya mencari kitab suci ke Barat ini pernah menjadi idola bagi anak-anak 90-an.

Apalagi soundtrack versi Indonesia bernuansa rap yang sangat khas, tentunya masih melekat diingatan dari serial Kera Sakti ini. Lalu siapa penyanyi yang nge-rap dalam OST film Kera Sakti itu?

Kalau kalian kira Iwa Kusuma atau Iwa K yang nge-rap di sana, kalian salah. Rapper dalam lagu berjudul Kera sakti itu adalah Sindikat 31. Lagu itu dibuat pada tahun 1995.

Sindikat 31 sendiri adalah grup rap (Hip Hop) lawas yang berdiri pada pertengahan tahun 1990.

Personel Sindikat 31 yang dikenal melambungkan namanya lewat lagu Kera Sakti ini, yakni Ruffie, Mbie, dan Sidik. Tiga personel itu masih bertahan hingga saat ini.

Sejarah Sindikat 31 yang membawakan lagu Kera Sakti ini diawali dari pertemanan di sekolah SMA 31 Jakarta Timur karena sering saling "Rapping" di kelas, di mana MC Hammer dan Vanilla Ice menjadi trend HIP HOP saat itu.

Sindikat 31 yang membawakan lagu Kera Sakti ini sudah malang melintang di skena hip hop tahun 90-an, mulai dari acara ulang tahun rumahan, panggung RT RW, kafe ke kafe dan klub hingga Pekan Raya Jakarta tidak ketinggalan. Selain itu, mereka juga hadir menjadi Weekly Host di beberapa radio ternama di Jakarta. 

Dari sebuah grup hip hop di Facebook, disebutkan pula bahwa masing-masing dari personel sindikat 31 pernah ikut lomba rap perorangan di tempat dan event yang berbeda, sehingga sejalan dengan itu, mereka mempunyai banyak kenalan yang juga suka rap dan hip hop.

Kemudian pada akhir 1991, Ruffie mengikuti lomba rap yang diadakan oleh Djarum di Fire Club, di situ Ruffie bertemu dengan DJ Kiki Assaf dari Bandung. Seiring berjalannya waktu, akhirnya mereka bergabung.

Nah sekarang sudah tahu kan, siapa yang bernyanyi rap dalam lagu Kera Sakti? Ingat ya, bukan Iwa K melainkan Sindikat 31.

Tag: film yang unik Artis 90-an kera sakti soundtrack kera sakti sun go kong

Bagikan: