SM Entertainment Tindak Tegas Karyawan yang Mencatumkan Nama Istrinya sebagai Penulis Lagu Milik EXO dan BoA

| 07 May 2021 11:01
SM Entertainment Tindak Tegas Karyawan yang Mencatumkan Nama Istrinya sebagai Penulis Lagu Milik EXO dan BoA
Karyawan SM Entertainment (Dok: SM Entertainment)

ERA.id - SM Entertainment mengumumkan pelanggaran yang dilakukan seorang karyawan terhadap karya-karya artisnya. Karyawan itu mencantumkan nama Istrinya sebagai penulis lagu untuk EXO hingga BoA. 

Menurut laporan Dailyan, mantan kepala departemen A&R SM Entertainment itu terbukti melakukan pelanggaran besar di perusahaan. Ia dengan sengaja mencatut nama istrinya sebagai penulis lirik untuk lagu-lagu artis SM Entertainment.

Sebanyak 15 lagu diakui olehnya dengan memasukkan nama istri karyawan tersebut diantaranya untuk lagu EXO, EXO-CBX, Baekhyun, dan juga BoA. Menurut laporan karyawan itu saat ini sudah dikenakan disipliner berat hingga terancam dipecat. 

"Baru-baru ini, kami mengonfirmasi pekerjaan karyawan yang tidak pantas dan mengambil tindakan disipliner sebagai reaksi," kata SM Entertainment. 

Dalam melancarkan aksinya, karyawan itu sengaja memakai tiga nama berbeda untuk menghindari kecurigaan. Ketiga nama itu dipakai olehnya untuk dicantumkan sebagai kredit di lagu artis SM Entertainment. 

Sebagaimana diketahui tim A&R merupakan divisi yang bertanggung jawab untuk mencari artis, menyusun kontrak, pelatihan artis serta perencaaan produksi maupun promosi album. 

Mereka juga memainkan peran kunci dalam menerima lagu yang sesuai untuk artis, termasuk produser dan penulis lirik yang ditugaskan, merevisi lirik, dan banyak lagi.

Tetapi karyawan itu menyalahgunakan kekuasaannya untuk mengumpulkan royalti yang bukan menjadi hak dan miliknya. 

Belum diketahui lagu apa saja yang dimanfaatkan oleh karyawan tersebut dalam melancarkan aksinya. Namun sebagai salah satu agensi besar di Korea Selatan, SM Entertainment langsung mengambil tegas dengan jalur hukum. 

Rekomendasi