Joy Red Velvet Ungkap Alasan Pilih Lagu Jadul di Album Pertamanya

| 01 Jun 2021 14:02
Joy Red Velvet Ungkap Alasan Pilih Lagu Jadul di Album Pertamanya
Album Debut Joy Red Velvet (Twitter: RVsmtown)

ERA.id - Joy Red Velvet akhirnya resmi melakukan debut sebagai penyanyi solo dengan merilis album bertajuk Hello. Ia pun mengungkap alasan di balik pemilihan lagu-lagu jadul di dalam album pertamanya.

Peluncuran album pertama Joy Red Velvet dipandu oleh Wendy, rekan sesama grupnya di Red Velvet. Selama konferensi, Joy pun mengungkap banyak rahasia dalam pembuatan album pertamanya, terutama lagu jadul yang ia pilih.

"Saya mendengarkan banyak lagu sambil memilih musik untuk album. Lagu-lagu dari tahun 1990-an dan 2000-an memberi saya rasa kesembuhan. Saya mencintai mereka," kata Joy dikutip Osen, Selasa (1/6/2021).

Sebagaimana diketahui, album Hello dari Joy ini memang berisikan lagu-lagu yang sudah pernah rilis dan menjadi hit di tahun 1990-an hingga 2000-an. Salah satu fakor yang membuatnya memilih lagu jadul itu lantaran ia sangat menyukai genre retro pada masa itu.

Bahkan diakui oleh Joy ia menaruh harapan bisa terlahir lebih awal agar bisa tumbuh dan hidup dengan musik-musik yang disukainya itu.

"Saya sangat suka getaran retro itu. Saya bahkan pernah mengatakan bahwa saya berharap saya dilahirkan lebih awal sehingga saya bisa melewati masa-masa itu," ungkapnya.

Joy Red Velvet (Sumber: Twitter/RVSmtown)
Joy Red Velvet (Sumber: Twitter/RVSmtown)

Terkait penggunaan lagu jadul dari musisi seniornya, Joy tak lupa mengucapkan terima kasih kepada para senior karena telah mengizinkan dirinya untuk menyanyikan ulang lagu-lagu mereka.

Penyanyi kelahiran 3 September 1996 itu menyebut semua lagu jadul banyak yang bagus sehingga ia tak ingin menghancurkan makna emosional dari lagu orisinalnya.

"Semuanya adalah lagu yang sangat bagus sehingga saya tidak ingin mengacaukan aura emosional lagu aslinya. Saya mencoba menunjukkan suara dan emosi saya sendiri di dalam lagu-lagu itu," katanya.

Lalu, kata Joy, ia sempat mengalami kesulitan saat dihadapkan dengan beberapa pilihan lagu. Ia pun mencoba untuk menggunakan dua lagu yang ingin dinyanyikannya serta lagu yang direkomendasikan orang lain sebagai pertimbangan.

Untungnya kata Joy, semua lagu yang ia inginkan bisa mendapatkan izin dari seniornya untuk digunakan kembali olehnya. Joy Red Velvet juga menyadari banyak orang-orang seusianya tidak tahu banyak tentang lagu di tahun 2000-an.

Tetapi ia menegaskan dirinya tumbuh dan berlatih dengan lagu-lagu jadul itu sejak masih menjadi trianee. Meski pun ada beberapa lagu yang baru pertama kali ia dengarkan, Joy tidak berat hati untuk melakukannya.

"Ada lagu yang saya tahu dan lagu yang saya dengar untuk pertama kalinya. Biasanya ketika Anda memikirkan album remake, Anda memikirkan lagu-lagu yang jauh lebih tua," ungkapnya.

Lebih lanjut, Joy menyebut Lee Soo Man menjadi peran penting di dalam karier nynayinya sebagai penyanyi solo. Hal ini lantaran Lee Soo Man menginginkan dirinya untuk menyanyikan lagu yang bisa menghubungkan antara ibu dan anak.

"Ketika Lee Soo Man mengatakan bahwa dia ingin saya menyanyikan lagu yang dapat dihubungkan dengan ibu dan anak, saya pikir tahun 2000-an akan sempurna untuk itu," tutupnya.

Joy Red Velvet resmi meluncurkan album debut solonya pada 31 Mei 2021. Album bertajuk Hello itu mengusung tema summer dengan nuansa hangat dan fresh. Album Hello sendiri berisikan enam buah lagu lawas yang dinyanyikan oleh penyanyi Korea Selatan yang hit di tahun 1990 hingga 2000-an.

Rekomendasi