Lagu "Butter" Milik BTS Dituding Plagiat Soundtrack Game, Sang Komposer Buka Suara

BTS (Foto: IG @bts.bighitofficial)

ERA.id - Belakangan netizen banyak membicarakan dan menuding lagu BTS "Butter" merupakan hasil plagiat dari soundtrack dari sebuah game. Menanggapi hal ini, komposer asli dari soundtrack tersebut akhirnya buka suara.

Seperti yang diketahui, lagu "Butter" dituding sebagai plagiat dari soundtrack game nintendo Monster in My Pocket, yang berjudul "Towering Catasthrope", yang dirilis pada tahun 1992 silam. Netizen menuduh bahwa intro dari kedua lagu tersebut terdengar sama.

Dilansir dari Top Star News, komposer lagu tersebut menuliskan pernyataan mengenai hal ini di blog pribadinya. Sang komposer mengaku dirinya terkejut ketika melihat artikel mengenai background musik (BGM) game yang dibuatnya sama dengan lagu BTS.


"Aku terkejut ketika melihat sebuah artikel muncul mengatakan BGM dari sebuah game yang kubuat di masa lalu dan lagu 'Butter' BTS adalah sama. Aku pikir melodi yang sama secara kebetulan muncul entah bagaimana. Sangat menarik bahwa artikel seperti ini tiba-tiba muncul," kata si komposer.

Sang komposer kemudian menjelaskan bahwa dirinya sama sekali tak pernah mengatakan bahwa lagu yang dibuatnya sama dengan milik BTS.

"Dalam artikel itu diklaim bahwa 'bukan level sampling, tapi justru hampir sama.' Tapi aku penulis aslinya tidak pernah mengatakan hal demikian," jelasnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa hak milik untuk lagu yang dibuatnya itu merupakan milik perusahaan game yang bekerja sama dengan dirinya saat itu, sehingga ia merasa tak terlalu memperdulikan hal ini. Meski demikian ia mengaku senang bahwa kini soundtrack game yang dibuatnya ramai dibicarakan.

"Hak musik BGM itu adalah hak milik perusahaan. Jadi aku tidak terlalu peduli, tetapi cukup menarik bahwa BGM yang aku buat menjadi topik hangat," ucapnya.

Sebelumnya penudingan ini menjadi topik hangat di komunitas online. Muncul sebuah postingan netizen yang menyatakan lagu "Butter" BTS adalah hasil plagiat, dan ia mencantumkan link YouTube untuk soundtrack dari game yang dimaksud. Namun, para penggemar menyatakan bahwa hal tersebut tidak benar dan menyatakan bahwa kedua lagu itu berbeda.

Penggemar mengatakan bahwa lagu dari game tersebut dengan lagu BTS tidak memiliki kesamaan hingga 8 bar dari lagu. Hal ini dianggap menjadi bukti nyata bahwa plagiarisme yang dituduhkan tidak berlaku.

Tag: bts Lagu BTS dituding plagiat

Bagikan: