Rekaman Lagu John Lennon dan Yoko Ono yang Belum Dirilis Dilelang Hingga Rp800 Juta

Tim Editor

Rekaman lagu john lennon (instagram/johnlennon)

ERA.id - Rekaman kaset yang menampilkan lagu yang belum pernah dirilis oleh John Lennon dan Yoko Ono dilelang hingga 43.000 punds atau sekitar Rp829 juta.

Menurut laporan NME, rumah lelang Bruun Rasmussen di Kopenhagen, Denmark memiliki rekaman berisi video dari putri Lennon dan Ono, Kyoko dan beberapa jurnalis yang direkam pada 5 Januari 1970 di New Experimental Collage di Skyum Bjerge, Denmark.

Audio yang direkam itu berdurasi 33 menit yang mencakup percakapan antara empat remaja, Lennon dan beberapa wartawan lokal. Dalam obrolan tersebut Lennon banyak membicarakan hal-hal sensitif, termasuk masalahnya dengan The Beatles.


Setelah obrolan mereka, Lennon memainkan sejumlah lagu untuk mereka, termasuk lagu berjudul 'Radio Peace', yang masih belum dirilis dan juga lagu "Give Peace a Change".

"Rekaman seperti ini memang sangat langka. Kami tidak yakin ada rekaman lain seperti ini, karena ini rekaman tidak resmi," kata sutradara Alexa Bruun Rasmussen kepada BBC, Jumat (1/10/2021).

Diketahui keempat remaja yang melakukan wawancara bersama Lennon dan Yoko Ono tersebut bekerja untuk sebuah majalah sekolah. Selama percakapan mereka membahas tentang perdamaian, masalah Lennon dengan The Beatles, dan masih banyak lagi.

"John bertanya kepada saya, 'Dari mana Anda berasal? Sebuah stasiun radio?'. 'Tidak, dari majalah sekolah,' kata saya," kenang Karsten Hoejen, yang membuat rekaman itu, dikutip BBC, Jumat (1/10/2021).

Menurut Hoejen, lagu "Radio Peace" itu ditulis sebagai salah satu lagu tema untuk sebuah stasiun radio. Tetapi sayangnya radio tersebut tidak pernah lagi beroperasi dan lagu Lennon pun tidak pernah dirilis.

"Stasiun radio itu tidak pernah dibuka dan lagunya tidak pernah dirilis. Sepengetahuan kami, satu-satunya tempat di mana lagu ini ada adalah di kaset kami," ujar Hoejen.

Rekaman itu dibuat hanya beberapa bulan sebelum The Beatles mengumumkan bahwa mereka akan bubar. Saat ini kaset kuno itu dijual di rumah lelang utama Denmark, Bruun Rasmussen di Kopenhagen, bersama dengan salinan asli surat kabar sekolah dan 23 foto.

Tag: John Lennon rekaman lagu john lennon rekaman rahasia john lenon

Bagikan: