Berkat Lagu Havana Camila Cabello Jadi Penyanyi Latin Kedua yang Raih Sertifikat Diamond

| 05 Oct 2021 18:42
Berkat Lagu Havana Camila Cabello Jadi Penyanyi Latin Kedua yang Raih Sertifikat Diamond
Camila Cabello Cinderella (instagram/camila_cabello)

ERA.id -  Asosiasi Industri Rekaman Amerika Serikat (RIAA) menobatkan Camila Cabello sebagai penyanyi latin kedua yang meraih sertifikat berlian. Penghargaan ini didapatkan Camila berkat lagu hitnya "Havana".

Camila Cabello tercatat sebagai penyanyi latin kedua yang menerima sertifikat berlian dari RIAA. Sebelumnya penyanyi Cardi B juga mendapatkan sertifikat tersebut berkat lagu "Bodak Yellow".

"Saya merasa terhormat menjadi penyanyi wanita Hispanik pertama yang mendapatkan penghargaan single Diamond @riaa_awards dan saya harap ini membuka jalan bagi lebih banyak artis Latinx yang luar biasa!!" kata Camila Cabello di Instagram-nya.

Sertifikat diamond ini diberikan untuk menghormati lagu yang telah terjual 10.000.000 atau lebih dari itu. Menurut COO RIAA Michele Ballantyne, lagu "Havana" merupakan lagu ke-62 yang mendapat sertifikat tersebut.

"Havana hanyalah single Diamond ke-62 yang disertifikasi dalam lebih dari 60 tahun RIAA Gold & Platinum Awards," kata Ballantyne, dikutip People, Selasa (5/10/2021).

Lalu, kata Ballantyne, pencapaian bersejarah untuk mendapatkan sertifikat itu biasanya terjadi saat artis menjalin hubungan mendalam dengan para penggemarnya.

Belum lagi lagu-lagu di layanan streaming yang ditambahkan setidaknya mencapai 60.000 lagu. Pencapaian ini pun disebut sebagai hal yang luar biasa antara Camila Cabello dan label rekamannya.

"Ini juga merupakan bukti kemitraan yang luar biasa antara Camila dan timnya di Epic Records, dan tidak diragukan lagi merupakan tanda lebih banyak musik hebat dan penghargaan besar yang akan datang!" ungkapnya.

Camila Cabello Raih Sertifikat Diamond (Dok: Asosiasi Industri Rekaman Amerika Serikat (RIAA)
Camila Cabello Raih Sertifikat Diamond (Dok: Asosiasi Industri Rekaman Amerika Serikat (RIAA)

Cabello merilis "Havana" yang menampilkan Young Thug pada 3 Agustus 2017 sebagai salah satu single pertamanya sejak memulai karir solonya setelah meninggalkan Fifth Harmony. Lagu tersebut telah diputar 1,66 miliar kali di Spotify.

"Havana" memenangkan kolaborasi terbaik, video, dan lagu pop favorit di American Music Awards, bersama dengan penghargaan video of the year di MTV VMAs pada 2018. Lagu ini diberi peringkat oleh Billboard sebagai lagu terbaik ke-19 tahun 2017.

Bahkan mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama juga memilih lagu "Havana" sebagai salah satu favoritnya.

"AKU TIDAK PERCAYA OBAMA BILANG HAVANA ADALAH SALAH SATU LAGU FAVORITNYA TAHUN INI AKU BENAR-BENAR MENANGIS OH MY GOD JANGAN LIHAT AKU. AKU TIDAK BISA PERCAYA INI OH MY GOD," cuit Camila saat itu.

Sejak "Havana," Cabello telah merilis album keduanya Romance, membintangi Cinderella dan sedang mengerjakan album ketiganya, berjudul Familia.

"Terima kasih kepada rekan penulis dan produser saya yang luar biasa Frank Dukes, Ali Tamposi, Andrew Watt, Pharrell, Lou Bell, Brian Lee, Starrah, dan Young Thug karena telah menjadi kolaborator saya dalam hal ini. Dan terima kasih untuk penggemarku yang luar biasa, aku cinta kalian semua," tutupnya.

Rekomendasi