Momen Pengurus DPP PDIP Longmarch Pawai Kebudayaan untuk Daftar Pemilu 2024, Hasto: Maaf Mungkin Buat Macet

| 01 Aug 2022 11:16
Momen Pengurus DPP PDIP Longmarch Pawai Kebudayaan untuk Daftar Pemilu 2024, Hasto: Maaf Mungkin Buat Macet
Pengurus DPP PDIP (Dok. PDIP)

ERA.id - Merayakan kesiapan partai menghadapi pemilu 2024 sekaligus membumikan ajaran Trisakti berkepribadian dalam kebudayaan, DPP PDI Perjuangan (PDIP) menggelar pawai kebudayaan. Pawai itu berupa Long March dalam rangka Pendaftaran PDI Perjuangan sebagai Calon Peserta Pemilu 2024 ke kantor KPU RI di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (1/8/2022).

Jajaran DPP PDIP dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto mengikuti long march kebudayaan itu dari Kantor Pusat partai di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat. Sejak pukul 06.30 WIB, para peserta sudah bersiap-siap. Isinya terdiri dari 11 orang pembawa Pataka Burung Garuda-Bendera Merah Putih, didampingi 10 orang satgas pembawa Bendera Partai.

Hasto memimpin 26 orang jajaran petinggi DPP PDIP. Mereka berada di baris berikutnya. Di barisan berikutnya adalah 20 orang dari jajaran RedMe dan Artis Nusantara. Lalu diikuti dengan 50 orang pemain angklung.

Pawai Kebudayaan PDIP (Dok. PDIP)

Selanjutnya adalah 34 orang yang melakukan Parade Pakaian Budaya 34 Provinsi. Dan 45 orang peserta dari Persatuan Istri Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan (PIA F-PDIP). Semuanya juga mengikuti Parade Pakaian Budaya. Di bagian belakang sebagai penutup barusan adalah 30 orang jajaran Marching Band.

“PDI Perjuangan akan daftar yang pertama dan sebelumnya kami mohon maaf bahwa ini hari Senin dan situasi transportasi yang sangat padat mungkin mengganggu menciptakan kemacetan di jalan raya,” kata Hasto dalam keterangannya, Senin (1/8/2022).

“Tetapi apa yang dilakukan oleh PDI Perjuangan sebagai komitmen terhadap seluruh tahapan Pemilu, juga menampilkan pada bulan Agustus ini, semangat nasionalisme, patriotisme, bela negara, semangat Indonesia yang berkepribadian dalam kebudayaan,” tutur Hasto.

Pawai Kebudayaan PDIP (Dok. PDIP)

Karena itulah berbagai identifikasi dari budaya nasional akan ditampilkan di dalam pendaftaran ini. Sekitar pukul 07.25 WIB, barisan budaya itu melangkah tegas menuju kantor KPU RI. Di kantor itu, jajaran KPU dan awak media massa sudah menunggu kedatangan PDIP yang merupakan yang tercepat melakukan pendaftaran.

Selama Proses Pendaftaran di Kantor KPU RI, Jajaran Marching Band dan Angklung mengiringi dengan lagu-lagu di luar halaman Kantor KPU RI.

Pawai Kebudayaan PDIP (Dok. PDIP)

Hasto akan memimpin jajaran perwakilan DPP PDIP mekakukan pendaftaran di dalam gedung KPU. Dia akan didamping Bambang Wuryanto (Ketua DPP Partai Bid. Pemenangan Pemilu); Komarudin Watubun (Ketua DPP Partai Bid. Kehormatan Partai); Djarot Saiful Hidajat (Ketua DPP Partai Bid. Ideologi dan Kaderisasi); Sukur H. Nababan (Ketua DPP Partai Bid. Organisasi); Ahmad Basarah (Ketua DPP Partai Bid. Luar Negeri); Sri Rahayu (Ketua DPP Partai Bid. Kesehatan, Perempuan & Anak); Utut Adianto (Wakil Sekjen Bid. Internal); Arif Wibowo (Wakil Sekjen Bid. Pemerintahan); dan Sadarestuwati (Sekjen Bid. Kerakyatan).

Dijadwalkan, usai proses pendaftaran di KPU, rombongan long march kebudayaan PDIP akan kembali berjalan ke arah kantor pusat partai di Diponegoro.

Rekomendasi