Minta Warga Bersyukur Harga Petralite Masih Murah, Jokowi: Negara Mana Pun Tak Kuat Menyangga Subsidi Sebesar Itu

| 02 Aug 2022 07:15
Minta Warga Bersyukur Harga Petralite Masih Murah, Jokowi: Negara Mana Pun Tak Kuat Menyangga Subsidi Sebesar Itu
Presiden Joko Widodo (Antara)

ERA.id - Presiden Indonesia Joko Widodo meminta warga Indonesia patut bersyukur lantaran bensin di negara lain sudah mencapai mahal karena krisis akibat konflik Rusia-Ukraina.

Menurut Jokowi, bensin di negara lain mencapai Rp30 ribuan lebih sementara di Indonesia harga Petraite masih Rp7.650.

"Tapi perlu kita ingat subsidi BBM sudah terlalu besar dari Rp170 triliun sekarang sudah Rp502 triliun, negara mana pun tidak akan kuat menyangga subsidi sebesar itu, tapi alhamdulilah kita sampai saat ini masih kuat, ini yang perlu kita syukuri," kata Presiden dikutip dari Antara pada Senin (1/8/2022).

Di bidang pangan, dia juga menyatakan bahwa Indonesia patut bersyukur karena harga beras di Indonesia tidka naik.

"Ini patut kita syukuri, berkat kerja keras bapak ibu, berkat ikhitar gotong royong kita bersama-sama," ungkap Presiden.

Presiden Jokowi pun mengajak masyarakat berdoa bersama dan memohon kepada Allah SWT agar Indonesia selalu dilimpahi energi dan pangan.

"Dan agar kita tidak kekurangan akan hal itu, maka kita berusaha berikhtiar bersama-sama agar kita justru melimpah dan bisa membantu negara-negara lain yang sedang kesulitan saat ini," ungkap Presiden.

Presiden Jokowi menyebut setelah hampir 2,5 tahun seluruh negara mengalami sakit berbarengan karena pandemi COVID-19, negara-negara di dunia kembali mengalami masalah yang tidak pernah diperkirakan sebelumnya.

"Baru akan melakukan pemulihan tapi muncul sesuatu yang dadakan yang tidak kita perkirakan sebelumnya, sakitnya belum sembuh, muncul yang namanya perang di Ukraina sehingga semuanya menjadi bertubi-tubi, menyulitkan hampir semua negara, semua negara berada dalam posisi yang sangat sulit," ungkap Presiden.

Rekomendasi