Di Sidang Tahunan 2022, Puan Sebut Masyarakat Kini Lebih Dewasa Hadapi Perbedaan Politik, Kalian Setuju?

| 16 Aug 2022 11:12
Di Sidang Tahunan 2022, Puan Sebut Masyarakat Kini Lebih Dewasa Hadapi Perbedaan Politik, Kalian Setuju?
Puan Maharani (Tangkapan layar)

ERA.id - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani menyinggung pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Dia mengatakan, tahun politik kali ini datang lebih cepat.

Hal itu disampaikan Puan dalam pidatonya saat Sidang Tahunan MPR RI dan Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka peringatan HUT ke-77 RI, serta Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI yang digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa (16/8/2022).

"Kita semua dapat merasakan, bahwa tahun politik sepertinya datang lebih awal. Perbincangan tentang suksesi kepemimpinan nasional menjadi topik di media sosial hingga warung-warung kopi," kata Puan.

Menurut Puan, fakta tersebut merupakan hal yang positif. Sebab dapat diartikan bahwa masyarakat Indonesia sudah semakin dewasa dalam berpolitik.

Oleh karenanya, Puan mengingatkan agar semua pihak juga ikut menjaga kedewasaannya dalam menyikapi perbedaan politik.

"Kita tentu paham kapan waktu bertanding, dan kapan waktu bersanding," kata Puan.

Puan menambahkan, untuk membangun peradaban demokrasi di Indonesia agar semakin maju, maka diperlukan pelaksanaan Pemilu yang berkualitas.

Untuk memajukan demokrasi di Indonesia, menurut Puan, dibutuhkan Partai Politik peserta Pemilu yang semakin maju dalam mengartikulasikan kepentingan rakyat. Ia juga mengingatkan agar partai-partai politik senantiasa memegang teguh komitmennya untuk menjaga dan mengawal Pancasila serta memperkukuh Persatuan Bangsa.

“Pelaksanaan pemilu legislatif, presiden dan pilkada serentak akan dilaksanakan pada tahun 2024. Tahapan Pemilu sudah dan sedang dijalankan oleh KPU. Menjadi komitmen kita Bersama, untuk menjadikan Pemilu 2024 sebagai Pemilu yang demokratis, jujur, adil dan bermartabat,” ucapnya.

Rekomendasi