Peluang Nyapres di 2024, Sandiaga Uno Sebut Jika Serius Akan Dibukakan Jalan: Tak Boleh Terlalu Berandai-Andai, Tak Boleh Terlalu Baper

| 31 Aug 2022 10:23
Peluang Nyapres di 2024, Sandiaga Uno Sebut Jika Serius Akan Dibukakan Jalan: Tak Boleh Terlalu Berandai-Andai, Tak Boleh Terlalu Baper
Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno (Antara)

ERA.id - Politisi Partai Gerindra Sandiaga Uno menyatakan siap masuk dalam bursa pemilihan presiden – wakil presiden 2024 jika mendapat kepercayaan dari parpol dan rakyat.

Hal itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu usai makan malam bersama para politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Daerah Istimewa Yogyakarta di Bantul, DIY, Selasa (30/8/2022).

Namun maju-tidaknya dirinya dalam bursa pilpres tergantung dari partai politik. “Saya serahkan semuanya kepada partai politik saja. Saya pengalaman sebelumnya, partai politiklah yang akan menentukan pilihannya,” ujar Sandiaga.

Sandiaga tak mempermasalahkan jika saat ini partai tempatnya bernaung, Gerindra, mesra dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, juga makin akrab dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Sementara PPP tengah akrab dengan Golkar dan PAN di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

“Tentunya politik dinamis. Sangat dinamis dan kita fokus urusan ekonomi. Di politik ini saya belajar enggak boleh terlalu berandai-andai. Enggak boleh terlalu baperan. Semuanya dijalankan dengan ikhlas. Jika kita serius, insya Allah akan dibukakan jalan,” tuturnya.

Apalagi dari pilpres 2019, semua pihak belajar bahwa Indonesia memiliki karakter politik yang makin dewasa. “Saya yakin politik Indonesia di 2024 adalah politik kekeluargaan, politik kebersamaan. Pak Jokowi sudah memulai di 2019 dengan konsep bertanding untuk bersanding,” kata calon wapres yang mendampingi Prabowo di pilpres 2019 ini.

Ketua DPW PPP DIY Muhammad Yazid menjelaskan makan malam bersama Sandiaga ini hanyalah bentuk silaturahmi. Apalagi Sandiaga merupakan keponakan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa.

Kendati sejumlah politisi PPP DIY sempat menyatakan dukungan ke Sandiaga di bursa pilpres 2024, penentuan capres-cawapres menjadi ranah pengurus pusat PPP. "Belum sampai pada dukung mendukung (capres). Akan tetapi, sosok Mas Sandi ini adalah sosok yang cukup ideal. Tidak hanya smart terkait masalah ekonomi, tapi juga sosok yang soleh," ujar Yazid.

Rekomendasi