Puan Maharani Bakal Safari Politik ke Golkar dan Gerindra, Hal Ini yang Akan Dibicarakan

| 02 Sep 2022 20:42
Puan Maharani Bakal Safari Politik ke Golkar dan Gerindra, Hal Ini yang Akan Dibicarakan
Puan Maharani (Antara)

ERA.id - Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani dijadwalkan akan menemui Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Pertemuan ini merupakan bagian dari safari politik PDIP jelang Pemilu 2024.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, selain membahas Pemilu 2024, Puan juga akan mengajak dua pimpinan partai politik itu berdialog mengenai situasi negara saat ini.

Kepada Airlangga misalnya, akan membahas mengenai masalah ekonomi di tengah krisis global.

"Kalau dengan Pak Airlangga, karena kapasitas beliay sebagai ketua umum Golkar juga sebagai Menko Perekonomian, tentu saja situasional situasi saat ini perekonomian kita itu jadi materi yang kita bahas," kata Hasto di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (2/9/2022).

Sementara dengan Prabowo, kata Hasto, Puan akan membahas mengenai materi peta geopolitik Indoensia. Diketahui, Prabowo juga merupakan Menteri Pertahanan.

"Kalau terkait pak Prabowo juga tak terlepas dari ruang lingkup beliau sebagai menteri pertahanan, karena kita juga menghadi pertarungan geopolitik," kata Hasto.

Adapun safari politik yang dipimpin Puan Maharani itu merupakan perintah langsung dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk menjalin komunikasi politik dengan partai-partai lain jelang Pemilu 2024.

Hasto menambahkan, safari politik itu juga merupakan tradisi berpolitik, khususnya bagi PDIP yang lebih mengedepankan dialog. Partainya menyadari, untuk membangun bangsa tidak bisa sendirian, melainkan harus saling merangkul.

"Ini menegaskan bahwa politik itu penuh dengan tradisi dialog meski politik itu berbeda. Politik itu penuh tradisi untuk membahas negada, dan PDIP tidak bisa sendirian, harus merangkul seluruh perangkat elemen nasional," papar Hasto.

Sebelumnya, Puan Maharani telah memulai safari politik PDIP dengan menemui Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di NasDem Tower beberapa waktu lalu.

Setelah ini, Puan dijadwalkan bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartato pada Sabtu (3/9). Rencananya, dua politisi itu akan jalan santai di pagi hari.

Kemudian, Puan akan melanjutkan safari politi PDIP di kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Bukit Hambalang, Sentul, Jawa Barat pada Minggu (4/9). Keduanya direncanakan akan berkuda bersama.

Rekomendasi