Arsul Sani Beberkan Alasan PPP Copot Suharso dari Jabatan Ketua Umum

| 05 Sep 2022 14:37
Arsul Sani Beberkan Alasan PPP Copot Suharso dari Jabatan Ketua Umum
Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani (Gabriella Thesa/ERA.id)

ERA.id - Hasil Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) adalah mencopot Suharso Monoarfa dan menunjuk Muhammad Mardiono sebagai Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum PPP.

Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani menjelaskan, alasan partainya mencopot Suharso, karena PPP ingin fokus konsolidasi partai jelang Pemilu 2024.

"Di PPP itu memang sudah lama ada diskusi, ada riak-riak itu iya, agar kondsolidasi PPP sebagai partai itu bisa lebih dimasifkan, diintensifkan, ditingkatkan," kata Arsul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/9/2022).

Lantaran ingin memperkuat konsolidasi partai, maka diputuskan agar eksekutif partai tak merangkap jabatan di pemerintahan. Artinya, hanya fokus untuk internal partai saja.

Seperti diketahui, Suharso Monoarfa saat ini ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas).

Menurut Arsul, diskusi untuk para eksekutif partai tak rangkap jabatan di luar kepartian itu sudah lama dibicarakan. Dia juga mengklaim Suharso sudah mengetahui hal tersebut.

"(Konsolidasi partai lebih masif) kalau yang menjadi pemimpin PPP itu tidak merangkap di jajaran pemerintahan. Diskusi itu sudah lama, dan Pak Suharso juga sudah mengetahui," kata Arsul.

Wakil Ketua MPR RI itu tak membantah adanya dinamika di dalam internal PPP yang juga menjadi salah satu latar belakang pencopotan Suharso. Namun, dalam Mukernas, dinamika internal bukanlah alasan utama.

Arsul lantas mencontohkan dirinya sendiri yang tak ditunjuk sebagai Plt ketua umum, karena masih rangkap jabatan sebagai wakil ketua MPR RI dan anggota Komisi III DPR RI.

Plt Ketua Umum PPP diserahkan kepada Muhammad Mardiono yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Majelis Pertimbangan PPP. "Nah, ini karena hari pemilu makin dekat, maka memang harus kemudian diambil langkah reorganisasi, realokasi fungsi-fungsi jabatan di partai," kata Arsul.

PPP menggelar Mukernas di Serang, Banten, pada Minggu (4/9) malam yang dihadiri 30 Dewan Pimpinan wilayah (DPW) PPP. Salah satu hasil Mukernas PPP yaitu memberhentikan Suharso dan menunjuk Muhamad Mardiono jadi Plt Ketua Umum DPP PPP sisa masa bakti 2020-2025.

Rekomendasi