Gara-gara Bjorka, Jokowi Langsung Panggil Menkominfo hingga BSSN

| 12 Sep 2022 19:05
Gara-gara Bjorka, Jokowi Langsung Panggil Menkominfo hingga BSSN
Ilustrasi hacker mencoba membobol data di ruang digital (ANTARA/HO/Pexels)

ERA.id -  Presiden Joko Widodo langsung menggelar rapat internal dengan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate hingga Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian. Rapat tersebut khusus membahas soal kebocoran data yang dilakukan peretas bernama Bjorka.

Menkominfo Johnny G. Plate mengatakan, rapat internal itu dipimpin langung oleh Presiden Jokowi dan dihadiri Wakil Presiden Ma'ruf Amin serta Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhulkam) Mahfud MD.

"Kita baru saja rapat internal dihadiri kementerian/lembaga terkait, dipimpin langsung oleh bapak presiden, hadir bapak wakil presiden dan pak menkopolhukam," kata Johnny dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (11/9/2022).

"Di rapat dibicarakan bahwa memang ada data-data yang beredar oleh ya salah satunya oleh Bjorka," imbuhnya.

Johnnya membenarkan adanya kebocoran data pribadi milik pejabat maupun institusi. Namun menurutnya, data yang beredar bukan data terbaru maupun data khusus.

"Data-data itu setelah ditelaah sementara adalah data-data umum, bukan data-data spesifik dan data-data yang terupdate sekarang," kata Johnny.

Meski begitu, nantinya kementerian dan lembaga terkait seperi Kemenkominfo, BSSN, hingga Polri akan membentuk tim khusus untuk menelaah lebih lanjut terhadap data-data yang sudah beredar di publik.

Pembentukan tim khsusus ini, kata Johnny merupakan salah satu upaya mengembalikan kepercayaan masyarakat.

"Untuk menjaga kepercayaan publik, akan ada emergency response team dari BSSN, Kominfo, Polri, dan BIN untuk melakukan asesmen-asesmen berikutnya," kata Johnny.

Nama Bjorka belakangan menjadi perbincangan karena berhasil meretas sejumlah data siber milik kementerian dan lembaga. Bahkan juga meretas data pribadi Presiden Joko Widodo.

Bjorka juga membeberkan data pribadi Menkominfo Johnny G. Plate di media sosial sambil mengucapkan selamat ulang tahun kepada Sekjen Partai NasDem itu. Tak sampai sehari, Johnny langsung mengganti nomor ponselnya.

Rekomendasi