Waketum PKB Tak Yakin Ada Partai yang Mengusung Anies di Pilpres 2024

| 20 Sep 2022 08:49
Waketum PKB Tak Yakin Ada Partai yang Mengusung Anies di Pilpres 2024
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Dok. Anies)

ERA.id - Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid tak yakin ada partai yang mengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Hal ini menanggapi kesiapan Anies maju sebagai capres 2024, asal ada parpol yang mengusungnya. "Kami tidak terlalu yakin apakah Pak Anies nanti ada partai yang akan mengusungnya," kata Jazilul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (19/9/2022).

Jazilul menilai, Anies akan kesusahan mengantongi tiket capres, lantaran bukan kader partai politik.

Kalau ada yang berminat mengusung mantan menteri pendidikan itu, hingga saat ini baru ada satu dua partai saja, salah satunya yaitu Partai NasDem.

"Sampai hari ini tidak ada satupun partai yang (memberi dukungan), hanya baru ada satu partai yang (menawarkan Anies jadi capres), partai NasDem," kata Jazilul.

Meski begitu, PKB tak masalah dengan kesiapan Anies untuk mencalonkan diri pada Pilpres mendatang. Namun, bagi PKB yang saat ini sudah berkoalisi dengan Partai Gerindra, Anies bukan salah satu tokoh yang masuk radar untuk dicalonkan dan diusung.

"Bukan tidak menarik. Saya tidak yakin Pak Anies untuk mendapatkan partai yang akan mengusung," kata Jazilul.

"Kalau PKB dan Gerindra itu sudah memilih komitmen terkait dengan calon presiden dan wakil presiden itu dibahas oleh Pak Prabowo dan Gus Muhaimin," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan siap untuk maju untuk menjadi calon presiden pada Pilpres 2024.

Pernyataan untuk maju tersebut disampaikan Anies meski hingga kini belum mendapat dukungan dari partai manapun. "Saya siap untuk maju sebagai capres jika ada partai yang mengusung," ujar Anies dalam wawancaranya dengan Reuters di Singapura pada Kamis (15/9).

Rekomendasi