Sandiaga Uno Akan Tindak Tegas Pelaku 'Catcalling' Terhadap Wisatawan di Gili Trawangan

| 21 Sep 2022 19:12
Sandiaga Uno Akan Tindak Tegas Pelaku 'Catcalling' Terhadap Wisatawan di Gili Trawangan
Sandiaga Uno (Antara)

ERA.id - Seorang wanita mengaku mendapat perlakuan tidak menyenangkan saat liburan ke Gili Trawangan. Dia mengaku kena catcalling saat berwisata di sana.

Keluhan wisatawan wanita tersebut lantas mendapat respons dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

Melalui akun Instagramnya @sandiuno, Sandiaga Uno mengungkapkan pihaknya akan menindak tegas oknum yang melakukan pelecehan seksual secara verbal.

"Beredar testimoni dari salah satu wisatawan Gili Trawangan mengeluh kena catcalling, dalam video yang diunggah di TikTok oleh akun @miaearliana itu. Ia mengungkapkan kekesalannya kepada warga yang catcalling kepadanya saat dia berwisata di Gili Trawangan," bunyi keterangan video di akun Instagram Sandiaga Uno

Sandiaga Uno menanggapi video viral wanita itu dan mengatakan NTB adalah destinasi pariwisata yang ramah muslim.

"Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah ia memuliakan tamunya. Ini tuh sudah ada hadistnya, kita harus memuliakan tamu, jangan di-cat call dan tolong berhenti," ujar Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno melanjutkan, "Saya tegas saja, saya sudah berkoordinasi dengan pemerintah setempat. Saya sudah berkoordinasi dengan asosiasi dan dunia usaha setempat, semua setuju dan tentunya kita berikan pembinaan, kita berikan edukasi kepada para pelaku pariwisata maupun masyarakat setempat yang sebetulnya, ini cuma kelakuan beberapa oknum yang harus kita berikan peringatan agar tidak diulang lagi."

Sekali lagi, Sandiaga Uno menyebutkan bahwa perbuatan pelecehan seksual verbal sangat mengganggu kenyamanan siapapun.

"Saya langsung berkoordinasi dan meminta untuk ditindak tegas oknum yang melakukannya supaya kejadian ini Tidak TERULANG LAGI," tulis Sandiaga Uno di akun Instagramnya.

"Saya mohon, tolong kita jaga bersama-sama citra dan reputasi pariwisata Indonesia yang ramah demi meningkatnya kembali peluang usaha dan lapangan kerja," pungkas Sandiaga Uno.

Rekomendasi