Presiden Jokowi Akan Berikan Santunan Rp50 Juta untuk 125 Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan

| 04 Oct 2022 18:25
Presiden Jokowi Akan Berikan Santunan Rp50 Juta untuk 125 Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan
Foto Presiden Jokowi (Antara)

ERA.id - Presiden Joko Widodo akan memberikan santunan sebanyak Rp50 juta kepada keluarga korban tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. 

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengatakan, santunan itu akan diserahkan langsung oleh Jokowi kepada keluarga korban dalam waktu dekat.

"Untuk santunan korban, Insya Allah dalam waktu 1-2 hari ke depan Presiden akan mampir, akan menyerahkan sendiri bantuan sosial," kata Mahfud di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Selasa (4/10/2022).

Mahfud mengatakan, bantuan akan diberikan kepada 125 keluarga korban tragedi Kanjuruhan. Jumlah santunan mencapai Rp50 juta.

"Sampai hari ini ada 125 orang meninggal, dan itu masing-masing keluarganya diberi Rp50 juta yang akan diserahkan presiden sendiri di Jawa Timur. Mungkin di Malang, mungkin di Surabaya sedang dipersiapkan teksnisnya," kata Mahfud.

Ia menambahkan, santunan ini merupakan bentuk simpati dan tanggung jawab pemerintah atas duka serta tragedi yang menimpa ratusan keluarga.

"Bantuans sosial itu seagai bentuk simpati dan empati, serta perhatian pemerintah yang mewakili negara kepada korban pertandingan sepak bola di Kanjuruhan," ucapnya.

Seperti diketahui, pertandingan Liga 1 antara Persebaya vs Arema Malang pada Sabtu (1/10) malam berakhir menjadi tragedi. Berawal dari masuknya para supporter Arema Malang ke lapangan berujung pada sejumlah tembakan gas air mata oleh Polisi.

Celakanya, gas air mata itu ditembakan ke arah tribun membuat puluhan ribu penonton kalang kabut. Akibatnya, 125 orang meninggal dunia dalam tragedi itu. 

Rekomendasi