Jenguk Korban Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Pastikan Pemerintah Akan Tanggung Biaya Pengobatan Pasien

| 05 Oct 2022 19:12
Jenguk Korban Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Pastikan Pemerintah Akan Tanggung Biaya Pengobatan Pasien
Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke stadion Kanjuruhan (Dok Sekretariat Presiden)

ERA.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjenguk korban tragedi Stadion Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur (Jatim). Jokowi memastikan seluruh biaya pengobatan korban tragedi Kanjuruhan ditanggung pemerintah.

"Tadi saya juga menyampaikan kepada pasien korban bahwa seluruh biaya ditanggung oleh pemerintah dan pemerintah daerah," kata Jokowi di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang, Jatim, Rabu (05/101/2022).

Jokowi memastikan korban yang sedang dirawat akan mendapat pelayanan terbaik. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengaku sempat berbincang-bincang dengan pasien untuk mengetahui situasi di malam hari saat kejadian tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober lalu.

"Saya benar-benar ingin tahu akar masalah penyebab tragedi ini sehingga ke depan kita bisa mendapat sebuah solusi terbaik dan kita tahu sudah dibentuk tim pencari fakta independen yang diketuai oleh Pak Menkopolhukam," sambungnya.

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan pemerintah akan memberikan santunan ke korban-korban tragedi Stadion Kanjuruhan.

Sebelumnya, Presiden Jokowi akan memberikan santunan sebanyak Rp 50 juta kepada keluarga korban tragedi di Stadion Kanjuruhan.

Menkopolhukam Mahfud MD mengatakan santunan itu akan diserahkan langsung oleh Jokowi kepada keluarga korban dalam waktu dekat.

"Untuk santunan korban, Insya Allah dalam waktu 1-2 hari ke depan Presiden akan mampir, akan menyerahkan sendiri bantuan sosial," kata Mahfud di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Selasa (4/10/2022).

Mahfud mengatakan, bantuan akan diberikan kepada 125 keluarga korban tragedi Kanjuruhan. Jumlah santunan mencapai Rp 50 juta.

Rekomendasi